Persis Solo merayakan gol (JIBI/Solopos/Chrisna Chanis Cara)
Rabu, 8 November 2017 18:25 WIB Moh. Khodiq Duhri/JIBI/Solopos Indonesia Share :

LIGA 2
Persis Vs Martapura: Sambernyawa Memburu Kado Ultah

Liga 2 akan menyajikan duel Persis Solo vs Martapura FC.

Solopos.com, BEKASI — Babak delapan besar Liga 2 yang menjadi pintu gerbang promosi Liga 1 musim depan akhirnya dibuka. Tampil di laga pembuka, Persis Solo membidik kemenangan atas Martapura FC sebagai kado ulang tahun klub ke-94 saat kedua tim bertemu di Stadion Patriot Chandrabhaga Bekasi, Kamis (9/11/2017).

Per Rabu (8/11/2017), Laskar Sambernyawa, julukan Persis Solo, genap berusia 94 tahun. Persis Solo punya peluang besar lolos ke Liga 1 andai bisa menyudahi tiga laga di babak delapan besar Liga 2 dengan hasil positif.

Persis Solo dipastikan tidak akan diperkuat kapten M. Wahyu, Irkham Zahrul Mila, Agung Supriyanto dan Hendry Aprilianto karena mendapat sanksi dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI atas dugaan protes berlebihan kepada wasit saat Persis Solo bertandang ke Markas Cilegon United di babak 16 besar. Bek tengah, Asyraq Ghufron, juga bakal absen karena hukuman akumulasi kartu kuning.

Di lini belakang, pelatih Freddy Mulli akan mempercayakan Anam Syahrul sebagai bek tengah. Eks pemain PSIS Semarang itu kemungkinan akan berduet dengan Soni Setiawan mengingat Ikhwan Ciptady belum 100% pulih dari cedera tumit. Posisi Soni Setiawan di bek sayap kiri kemungkinan bakal diisi Andreantono Oriza.

Kabar baik bagi Persis karena Akbar Riansyah sudah pulih dari cedera hamstringnya. Dalam sesi latihan, Rabu pagi, Akbar sudah bisa berlatih bersama rekan-rekannya. Freddy Mulli menyiapkan Ade Fanny sebagai alternatif pengganti Akbar bila pemain asal Tawangmangu itu belum siap untuk bermain di menit pertama.

Menghadapi Martapura FC, wonderkid, Roni Saputra, kemungkinan akan menjalani debut di level senior bersama Persis Solo. Nama Roni Saputra kemungkinan bakal ada di daftar pemain cadangan Persis Solo mengingat banyak pemain yang absen di pertandingan ini.

“Roni itu pemain dengan kualitas teknik bagus. Dia hanya butuh waktu saja untuk menjalani debut. Roni punya peluang untuk turun menghadapi Martapura besok,” ujar Freddy Mulli saat dihubungi Solopos.com melalui telepon.

Menghadapi Laskar Sultan Adam, julukan Martapura, Freddy menginginkan anak asuhnya fokus selama 2×45 menit. Di sesi latihan dalam beberapa hari terakhir, Freddy menggeber kemampuan teknik dan strategi permainan Laskar Sambernyawa.

“Yang perlu diwaspadai adalah 45 menit babak pertama. Tapi, kita sudah coba semua strategi dan taktik dalam latihan. Kami berlatih bagaimana bertahan dengan baik dan kompak antarlini lalu melakukan serangan balik dengan mengandalkan kombinasi antara gelandang dan striker,” ucap Freddy.

Persis Solo memang pantas mewaspadai Martapura FC. Pasalnya, tim yang bermarkas di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, ini punya cacatan impresif sejak memulai kampanye di musim kompetisi Liga 2. Martapura berhasil finis sebagai runner up Grup 5 dengan poin 28 atau hanya berselisih satu poin dari Persebaya Surabaya yang berada di puncak klasemen.

Di babak 16 besar, Martapura berada di Grup D bersama PSMP Mojokerto, Persiwa Wamena dan Madura FC. Lagi-lagi, Martapura menjadi runner up setelah mengumpulkan 11 poin hasil dari tiga kali menang, dua imbang dan sekali kalah.

“Kami sudah jauh-jauh hari mempersiapkan tim untuk bertarung di babak delapan besar ini. Mudah-mudahan hasilnya bisa berjalan maksimal. Persis itu tim yang bagus. Persis itu adalah tim pertama yang bisa lolos ke babak delapan besar. Kita tentu sangat mewaspadai Persis. Apalagi di sana ada pemain yang menjadi alumni kita [Joko Prayitno],” papar Pelatih Martapura FC, Frans Sinatra Huwae, dalam jumpa pers.

lowongan pekerjaan
Toko Cat Warna Abadi (WAWAWA), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Pelajaran Pahit dari Eks PG Colomadu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (1/11/2017). Esai ini karya Guntur Wahyu Nugroho, seorang pemerhati dinamika Kota Solo dan sekitarnya. Alamat e-mail penulis adalah gunturwn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Prakarsa kunjungan komunitas Soeracarta Heritage Society ke eks Pabrik Gula Colomadu, Karanganyar, Minggu,…