Nenek Sonem, 75, warga Jakarta yang datang sendirian demi Kahiyang-Bobby meski tak punya undangan. (Ika Yuniati/JIBI/Solopos) Nenek Sonem, 75, warga Jakarta yang datang sendirian demi Kahiyang-Bobby meski tak punya undangan. (Ika Yuniati/JIBI/Solopos)
Rabu, 8 November 2017 19:15 WIB Ika Yuniati/JIBI/Solopos Peristiwa Share :

JOKOWI MANTU
Tak Punya Undangan, Nenek-Nenek Ini Nekat Datang Sendirian dari Jakarta demi Kahiyang-Bobby

Seorang nenek-nenek berusia 75 tahun datang sendirian dari Jakarta untuk jagong Kahiyang-Bobby.

Solopos.com, SOLO — Sonem,75, tampak penuh semangat saat berdiri di antara ribuan sukarelawan yang ikut menyaksikan prosesi akad nikah putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu, dengan Bobby Nasution, di depan Gedung Graha Saba Buana, Sumber, Solo, Rabu (8/11/2017) pagi.

Meski tak bisa masuk ke ruang resepsi karena tidak memiliki undangan, antusiasme nenek-nenek asal Jakarta ini seolah tak kendur. Sedari pagi, ia ikut berdesak desakan dengan ribuan sukarelawan di pinggir Jl. Letjen Suprapto depan Graha Saba Buana. (Baca: Sah! Bobby Nasutiom Ucapkan Ijab Kabul dalam Satu Tarikan Napas)

Sonem turut memberi salam kepada tamu undangan. Saat Bobby selesai mengucapkan akad nikah ia bersemangat tepuk tangan. Begitu juga saat acara doa bersama, Sonem khusyuk mengamini sambil menengadahkan tangan ke atas.

Mengenakan kebaya sederhana dan kerudung warna krem, Sonem mengaku berangkat sendirian dari Jakarta, Senin (6/11/2017). Ia memilih moda transportasi kereta api dari Jakarta ke Solo lalu menyewa becak dari stasiun ke lokasi acara. “Becak dari stasiun habis Rp30.000. Langsung ke depan rumah Pak Jokowi,”kata dia semringah.

Sonem terkesan dengan kesantunan Jokowi. Dia kali pertama bertemu langsung dengan Jokowi saat mau menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Setelah itu ia beberapa kali bertemu Jokowi. (Baca: Jagong Manten Kahiyang, Terselip Tekad Sukarelawan Pendukung Jokowi untuk 2019)

Salah satunya saat acara pembagian sertifikat tanah warga beberapa waktu. “Saya dipanggil terus diajak salaman. Waktu itu juga dikasih uang oleh rombongannya. Beliau ini baik banget sama rakyat. Makanya pas dengar kabar anaknya menikah saya langsung bernazar kalau masih panjang umur saya datang ke acara tersebut. Sendirian enggak apa apa,” kata dia.

Meski bukan bagian dari sukarelawan pendukung Jokowi, Sonem mengklaim dirinya pendukung setia Jokowi. Ibu enam anak dan 11 cucu ini rela bepergian ke Solo sendirian. Kendati demikian, ini bukanlah solo trip pertamanya. Meski tak lagi muda, Nenek Sonem mengaku sudah beberapa kali main ke luar pulau tanpa teman.

lowongan pekerjaan
PERUSAHAAN TEKSTIL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Pelajaran Pahit dari Eks PG Colomadu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (1/11/2017). Esai ini karya Guntur Wahyu Nugroho, seorang pemerhati dinamika Kota Solo dan sekitarnya. Alamat e-mail penulis adalah gunturwn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Prakarsa kunjungan komunitas Soeracarta Heritage Society ke eks Pabrik Gula Colomadu, Karanganyar, Minggu,…