Jokowi dan Iriana naik kereta kuda menuju Gedung Graha Saba Buana. (Istimewa/Facebook/Dewi Sri) Jokowi dan Iriana naik kereta kuda menuju Gedung Graha Saba Buana. (Istimewa/Facebook/Dewi Sri)
Rabu, 8 November 2017 14:30 WIB Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com Peristiwa Share :

JOKOWI MANTU
Presiden ke Tetangga Rumah: Nyuwun Pengapunten Ngrepoti

Jokowi sempat meminta maaf kepada tetangganya karena sungkan apabila pernikahan putrinya merepotkan warga.

Solopos.com, SOLO – Sebuah cerita unik mewarnai iring-iringan kereta kencana yang membawa keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menuju Gedung Graha Saba Buana. Sikap santun Jokowi terhadap tetangganya yang sudah lanjut usia membuat warga tak merasa repot meski Kota Solo menjadi macet selama prosesi pernikahan Kahiyang-Bobby.

Cerita tersebut diunggah pengguna akun Facebook Dewi Sri, Rabu (8/11/2017) pukul 09.02 WIB. Akun Dewi Sri menceritakan sikap Jokowi yang ia anggap sangat santun. Kereta kencana yang ditumpangi Jokowi sempat berhenti saat keluar kompleks rumah Jokowi di Sumber. Pada momen tersebut Dewi Sri mengungkapkan Jokowi sempat menyapa orang yang lebih tua dengan sangat sopan.

“Iring-iringan kereta kencana yang lewat rumah Solo pagi ini. Di saat terhenti, beliau menyapa Kung [kakeng] Solo,” tulis Dewi Sri.

Saat dihubungi melalui messenger Facebook, Dewi Sri mengaku cerita itu ia dapat dari ibunya yang di Solo melalui saluran telepon. Orang tua Dewi Sri yang merupakan tetangga Jokowi ikut melihat iring-iringan keluarga Jokowi menaiki kereta kencana. Di saat melewati warga yang menonton, kereta yang ditumpangi Jokowi sempat terhenti sebentar, pada momen tersebut presiden ke-7 Indonesia itu menyapa warga yang lebih tua, yang kebetulan ayah dari Dewi Sri.

Dalam ceritanya, akun Dewi Sri mengungkapkan Jokowi menyapa dan meminta maaf kepada si ayahnya karena hajatan keluarganya membuat warga solo repot. “Monggo pak, nyuwun pangapunten ngrepoti punika [Mari pak, maaf merepotkan],” tulis Dewi Sri.

Ayah Dewi Sri yang dimintai maaf Jokowi menegaskan hajatan keluarga Jokowi tidak merepotkan, namun menyebar kebahagiaan. “Mboten punapa Pak, malah remen [tidak apa-apa Pak, malah kami senang],” lanjut Dewi Sri.

Tak hanya Jokowi yang menyapa warga, dari cerita Dewi Sri diketahui Iriana Jokowi juga turut menyapa warga. Ayah Dewi Sri dipersilakan datang ke gedung resepsi di Graha Saba Buana oleh Iriana Jokowi.

Mangke kula tengga dateng gedung nggih [nanti kami tunggu di gedung ya Pak],” tulis Dewi Sri.

Melalui percakapan tersebut Dewi Sri menyatakan Jokowi dan keluarganya memang sangat sopan. Sikapnya terhadap orang yang lebih tua yang tinggal di sekitar rumahnya menunjukkan kalau sang presiden tidak melakukan itu semua hanya demi pencitraan.

Saat berbincang dengan Solopos.com, Dewi Sri menyatakan dirinya kini tinggal di Denpasar, Bali. Sebenarnya ia ingin pulang Ke Solo agar bisa merasakan perayaan pernikahan Kahiyang-Bobby, namun waktunya belum tepat, sehingga ia hanya menyaksikan pernikahan Kahiyang-Bobby dari televisi.

Cerita tersebut mendapat beragam komentar dari warganet. “Baca ceritanya aja jadi terharu, seperti ini masih tetap ada yang nyinyir mulutnya,” tulis Inox Nerra Moms.

“Ikut berbahagia atas pernikahan putri Bapak Presiden Jokowi,” tulis Dewi Krist.

“Ya Ampun bikin terharu,” tulis Wahyu Setyorini.

“Bukti kerendahan hati dan merakyatnya Pak Jokowi,” tulis Uzac Lapak Mainanku.

lowongan pekerjaan
ASTRA DAIHATSU KLATEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Pelajaran Pahit dari Eks PG Colomadu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (1/11/2017). Esai ini karya Guntur Wahyu Nugroho, seorang pemerhati dinamika Kota Solo dan sekitarnya. Alamat e-mail penulis adalah gunturwn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Prakarsa kunjungan komunitas Soeracarta Heritage Society ke eks Pabrik Gula Colomadu, Karanganyar, Minggu,…