Suasana ijab kabul Kahiyang Ayu-Bobby Nasution di Graha Saba Buana Solo, Rabu (8/11/2017). (Facebook Presiden Joko Widodo/Agus Suparto/Setpres) Suasana ijab kabul Kahiyang Ayu-Bobby Nasution di Graha Saba Buana Solo, Rabu (8/11/2017). (Facebook Presiden Joko Widodo/Agus Suparto/Setpres)
Rabu, 8 November 2017 15:15 WIB Ika Yuniati/JIBI/Solopos Peristiwa Share :

JOKOWI MANTU
Pakai Adat Jawa, Konsep Pernikahan Kahiyang-Bobby Tuai Pujian

Jokowi mantu, tamu undangan memuji konsep pernikahan Kahiyang.

Solopos.com, SOLO — Para tamu undangan resepsi pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu, dan Muhammad Bobby Afif  Nasution memuji konsep acara yang dinilai sakral dan sederhana.

Prosesi pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution dimulai dengan siraman, serah terima paningset hingga malam midodareni, Selasa (7/11/2017). Acara dilanjutkan dengan pengucapan ijab kabul serta prosesi perayaan dengan adat Jawa panggih pada Rabu (8/11/2017).

Pada perhelatan hari ini, Kahiyang dan Bobby mengenakan busana pengantin Jawa beludru warna hitam. Kahiyang tampil cantik dengan riasan paes adat Solo.

Mantan aktor yang sekarang menjabat sebagai Gubernur Jambi  Zumi Zola saat ditanyai wartawan seusai menghadiri acara pernikahan Kahiyang-Bobby mengatakan dekorasi dipenuhi dengan buah-buahan dan sayuran.

Dekorasi itu, menurut dia, merupakan salah satu bukti kesederhanaan Jokowi karena tak terlalu mengunggulkan kemewahan dalam pernikahan anaknya.

Baca:
Bobot Timbang hingga Sungkeman Bobby-Kahiyang dalam Prosesi Panggih
Annisa Pohan Deg-Degan Saksikan Ijab Kabul Kahiyang-Bobby
Deretan Kuliner Solo di Pernikahan Bobby-Kahiyang

“Untuk ukuran presiden, ini merupakan acara yang sangat sederhana. Coba kita lihat di mana ada pesta pernikahan dengan dekorasi bunga dan buah,” kata dia.

Lebih lanjut Zumi memuji antusiasme masyarakat mendukung pernikahan anak kedua keluarga Istana ini. Para tamu dari berbagai daerah seolah ikut memiliki acara mantu Jokowi.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan hal senada. Dia menilai apa yang dilakukan Presiden merupakan wujud dari kebinekaan dan simbol kekayaan Nusantara. JK secara khusus menyoroti akulturasi dua suku yakni Jawa dan Batak.

Sementara, model yang juga menantu Presiden ke-6 RI, Annisa Pohan, dan suaminya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku kagum dengan serangkaian prosesi yang dilaksanakan keluarga Jokowi.

Diadang awak media di pintu luar Graha Saba Buana, Annisa mengatakan apa yang dilakukan Jokowi dan keluarga tak hanya perayaan pernikahan tapi lebih dari itu. Dia menilai acara tersebut bagian dari upaya melestarikan budaya.

lowongan pekerjaan
PT.Astra International tbk, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Pelajaran Pahit dari Eks PG Colomadu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (1/11/2017). Esai ini karya Guntur Wahyu Nugroho, seorang pemerhati dinamika Kota Solo dan sekitarnya. Alamat e-mail penulis adalah gunturwn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Prakarsa kunjungan komunitas Soeracarta Heritage Society ke eks Pabrik Gula Colomadu, Karanganyar, Minggu,…