Kapolda Jateng Irjen Pol. Condro Kirono. (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo) Kapolda Jateng Irjen Pol. Condro Kirono. (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)
Rabu, 8 November 2017 10:00 WIB Umum Share :

JOKOWI MANTU
Kapolda Jateng Jamin Lalu Lintas Solo Lancar saat Pernikahan Kahiyang

Jokowi mantu di Solo pagi ini.

Solopos.com, SOLO — Kapolda Jateng Irjen. Pol. Condro Kirono memastikan arus lalu lintas di seputaran Solo dalam kondisi lancar saat digelar resepsi pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, dengan Muhammad Bobby Afif Nasution di Graha Saba Buana, Rabu (8/11/2017).

Kapolda mengatakan sejak Rabu pukul 05.00 WIB, perjalanan angkutan berat dari arah barat, timur, maupun utara Solo mulai dialihkan menghindari jalanan yang menjadi rute kendaraan pengangkut tamu pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution.

Dia menyebut pengalihan arus lalu lintas tersebut berdampak siginifikan terhadap kelancaran arus lalu lintas di jalanan Kota Solo saat digelar pernikahan putri Presiden di kawasan Kelurahan Sumber, Banjarsari.

“Alhamdulillah mulai jam 05.00 WIB pagi tadi untuk truk-truk besar seperti trailer dan kontainer sudah dialihkan misalnya yang dari Sragen arah Boyolali. Sangat membantu kelancaran lalu lintas di Solo. Semua masyarakat tidak terhambat baik masyarakat Solo maupun angkutan itu sendiri,” jelas Kapolda di Jl. Letjen Suprapto, Rabu pagi.

Berdasarkan pantauan solopos.com, arus lalu lintas di Jl. Letjen Suprapto ruas simpang empat RM Satai Dahlan-Masjid Mujahidin ditutup total. Hanya kendaraan tamu VIP yang diperkanankan mengakses jalan tersebut untuk mengantar tamu undangan pernikahan Kahiyang sampai depan Graha Saba Buana.

Sejumlah ruas jalan lain di seputaran Graha Saba Buana juga terdampak kebijakan rekayasa lalu lintas saat pernikahan putri Presiden. Kendaraan di Jl. Popda misalnya, dilarang masuk Jl. Adi Sumarmo sejak Rabu pagi. Jika ingin ke barat, para pengendara di Jl. Popda harus masuk Jl. Ki Mangun Sarkoro.

Selain itu, pengguna kendaraan di Jl. A. Yani yang akan menuju ke arah Keluarahan Nusukan tidak diperkenankan lewat Jl. Piere Tendean. Kendaraan dari arah Gilingan yang akan menuju simpang Joglo tersebut dialihkan untuk masuk Jl. Polda dan Jl. Praon.

Kepala Dishub Solo, Hari Prihatno, mengatakan kemacetan sempat terjadi di sejumlah ruas jalan di Solo akibat terdampak penerapan rekayasa lalu lintas acara pernikahan Kahiyang, namun kondisi itu tidak berlangsung lama. Dia menyebut kemacetan terjadi saat jam berangkat sekolah dan kerja.

Sementara itu, Kapolda mengatakan simpatisan pendukung Presiden Jokowi yang hadir di sekitar Graha Saba Buana pada Rabu pagi kali ini berjumlah sekitar 7.000 orang. Dia menyebut, keberadaan sukrelawan tersebut telah terkondisikan.

“Relawan sekitar 7.000 lebih yang datang. Tapi mereka ada komandan sendiri-sendiri. Mereka yang mengelola. Ada Babinkamtibmas dan babinsa juga yang terus membawa setiap bus itu bersama sama. Naik sama-sama, turun sama-sama,” jelas Kapolda.

Kapolda Jateng tidak mau ketinggalan mengucapkan selamat menikah kepada putri Presiden. Dia berdoa semoga Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution senantiasa bahagia setelah menikah dan menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah. “Kelurarga besar Polri, Polda Jateng nderek mangayubagyo pernikahan Roro Kahiyang Ayu dengan Mas Bobby. Semoga bahagia dan sakinah, mawadah, warohmah,” tutur Kapolda.

Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen Tatang Sulaiman, juga mengucapkan selamat atas pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution. “Semoga bahagia, langgeng, rukun selalu. Mudah-mudahan acaranya lancar. Sakral,” jelas Tatang.

lowongan pekerjaan
PT.BPR DANA UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Pelajaran Pahit dari Eks PG Colomadu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (1/11/2017). Esai ini karya Guntur Wahyu Nugroho, seorang pemerhati dinamika Kota Solo dan sekitarnya. Alamat e-mail penulis adalah gunturwn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Prakarsa kunjungan komunitas Soeracarta Heritage Society ke eks Pabrik Gula Colomadu, Karanganyar, Minggu,…