Suasana ijab kabul Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution, Rabu (8/11/2017), di Graha Saba Buana Solo. (M. Ferri Setiawan/JIBI/Solopos) Suasana ijab kabul Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution, Rabu (8/11/2017), di Graha Saba Buana Solo. (M. Ferri Setiawan/JIBI/Solopos)
Rabu, 8 November 2017 11:40 WIB Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/Solopos Peristiwa Share :

JOKOWI MANTU
Bobot Timbang Hingga Sungkeman Kahiyang-Bobby saat Prosesi Panggih

Jokowi mantu, prosesi adat panggih dilaksanakan setelah ijab kabul.

Solopos.com, SOLO — Pasangan pengantin Kahiyang Ayu dan M.Bobby Afif Nasution selesai menjalankan prosesi ijab kabul dengan lancar Rabu (8/11/2017) di Graha Saba Buana Jl. Letjen Suprapto Solo.

Prosesi pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu berlanjut dengan prosesi adat panggih.

Alunan gending Ketawang Sekartejo Slendro Manyuro mengawali prosesi. Temu pengantin dimulai pukul 10.53 WIB. Pengantin putri yang duduk di pelaminan kemudian dipandu berjalan menuju ke tempat panggih.

Begitu pula pengantin pria dipandu berjalan menuju ke tempat panggih. Sepasang pengantin melakukan serangkaian acara panggih, dipandu oleh juru rias Hj. H.S Sumaryono.

Begitu dipertemukan, Bobby menginjak telur dan Kahiyang mencuci kaki Bobby.

Mereka pun menuju ke tempat pelaminan. Edan-edanan mengawal iring-iringan pengantin yang bermakna mengusir bala. Di sini Kahiyang dan Bobby terlihat berbincang-bincang.

Duduk di pelaminan kemudian mereka menjalani prosesi bobot timbang. Yang artinya sama saja tidak membeda-bedakan.

Kemudian ada rosesi krobongan diawali dengan minum air kelapa muda dan sebagai pertanda bahwa Jokowi melaksanakan hajat mantu yang pertama atau buka kawah pembuka hajatan. Tata cara ini dipandu juru rias.

Selanjutnya Bobby dan Kahiyang menjalani prosesi kacar kucur simbol suami siap menafkahi istri. Kacar kucur yang diterima Kahiyang kemudian diikat dan diberikan kepada Ibunda Kahiyang, Iriana Jokowi.

Nasi tumpeng berwarna hijau melengkapi prosesi dhahar klimah. Mereka tidak suap-suapan tapi makan sendiri sendiri. Namun saat minum mereka saling menyuapi.

Prosesi berlanjut pada Besan Mertuwi. Jokowi mengutus orang menjemput keluarga besan.Setiba di pelaminan, Joko Widodo mempersilakan besan untuk duduk di sebelah kiri tempat duduk pengantin.

Pengantinpun siap sungkeman. Sepasang Pengantin melakukan sungkem kepada Jokowi dan Iriana Jokowi dilanjutkan sungkem kepada Besan. Saat sungkeman Iriana terlihat mengingatkan Jokowi agar meletakkan tangannya di pundak Kahiyang. Iriana pun menarik dan menempatkan tangan kiri Jokowi ke pundak Kahiyang.

Prosesi yang paling mengharukan ini terlihat ibunda Bobby sempat menitikkan air mata terlebih saat memberikan doa restunya pada Bobby. Sementara Iriana terlihat lebih tegar terlihat senyum mengembang saat memberikan doa kepada Kahiyang.

lowongan pekerjaan
PT.BPR DANA UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Pelajaran Pahit dari Eks PG Colomadu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (1/11/2017). Esai ini karya Guntur Wahyu Nugroho, seorang pemerhati dinamika Kota Solo dan sekitarnya. Alamat e-mail penulis adalah gunturwn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Prakarsa kunjungan komunitas Soeracarta Heritage Society ke eks Pabrik Gula Colomadu, Karanganyar, Minggu,…