Presiden Jokowi dalam gladi bersih akad nikah di Graha Saba Buana, Sumber, Solo, Selasa (7/11/2017). (Feri Setiawan/JIBI/Solopos)
Rabu, 8 November 2017 08:35 WIB Syifaul Arifin/JIBI/Solopos Peristiwa Share :

JOKOWI MANTU
22 Fakta Seputar Pernikahan Kahiyang-Bobby

Putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, menikah dengan Bobby Nasution, hari ini.

Solopos.com, SOLO — Hari bahagia yang ditunggu-tunggu putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu, akhirnya tiba. Rabu (7/11/2017), Kahiyang resmi dipersunting kekasihnya, Muhammad Bobby Afif Nasution.

Acara akad nikah dan resepsi berlangsung di Gedung Graha Saba Buana, Sumber, Banjarsari, Solo. Berikut 25 fakta seputar pernikahan putri semata wayang Presiden Jokowi tersebut.

1. Foto Prewedding

Lokasi: Candi Borobudur (Magelang), Situs Warung Boto, Umbulharjo (Jogja), Hyatt Regency Hotel (Sleman), dan Bali

2. Prosesi

Prosesi adat Jawa jangkep mulai wilujengan, siraman, midodareni, ijab kabul, panggih, hingga resepsi. (Baca: Foto-Foto Suasana Siraman hingga Midodareni Pernikahan Kahiyang-Bobby)

3. Tamu

Lebih dari 8.000 orang diundang dalam acara pernikahan akbar ini.
– Malam midodareni didatangi para sukarelawan Jokowi.
– Akad nikah dengan tamu terbatas.
– Resepsi siang pukul 11.00 WIB-13.00 WIB dihadiri tamu VIP dan VVIP seperti dari negara sahabat, perwakilan kedubes, Wapres, Ketua DPR, Ketua MPR, dan menteri, dan sebagainya.
– Resepsi malam pukul 18.30 WIB-21.00 WIB dihadiri tamu undangan umum dan sukarelawan Jokowi.

4. Akad Nikah

Joko Widodo akan menikahkan sendiri putrinya dengan petugas Kepala KUA Banjarsari, Basir

5. Saksi

– Wapres Jusuf Kalla menjadi saksi dari mempelai perempuan
– Menko Perekonomian Darmin Nasution menjadi saksi dari mempelai laki-laki.

6. Pembaca doa nikah

Doa pernikahan akan dibacakan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin

7. MC atau Pambiwara

Ada lima orang dengan pembagian tugas sebagai berikut:
– Widarsi Suranto (siraman dan malam midodareni)
– Umijatsih (panggih dan resepsi siang)
– Slamet Aby (akad nikah dan resepsi siang)
– Sarie Nugraha (resepsi malam)
– Tauviq M. Widodo (siraman pengantin pria di Hotel Alila dan resepsi malam).

8. Perias

– Endang Soendari Soemaryono bertugas merias pengantin dengan gaya Solo Putri pada prosesi: siraman, malem midodareni, ijab panggih atau akad nikah, hingga resepsi.
– Perias lain Sawaliyah Waloeyo, Conny Wulandari, Topobroto, dan Santi mendapat tugas merias keluarga inti Presiden dan besan.

9. Makanan

– Satai kere dari PKL Tugiyem di Jl. Arifin, Kelurahan Kepatihan Wetan, Jebres, Solo.
– Markobar menyediakan 1.100 loyang terdiri atas 600 loyang martabak manis delapan rasa antara lain cokelat, selai, green tea, dan parutan cokeat dan 500 loyang martabak telur krispi. Martabak dimasak di lokasi.
– Berbagai makanan lainnya seperti gudeg, setup makaroni, daging kambing, dan sebagainya.

10. Busana

Busana untuk pernikahan Kahiyang-Bobby disediakan oleh Rumah Mode Chili Kebaya dan Tuty Adib.

11. Alas kaki

Rumah Sepatu Winna, Cinderejo Lor, menyiapkan selop untuk Kahiyang dan Bobby, Jokowi, dan anggota keluarga lainnya. Selop memakai bahan beludru dengan hiasan payet sederhana dan alas kaki berbahan imitasi warna emas.

Kahiyang memakai selop high heels setinggi hanya 5 cm. Sedangkan selop milik Jokowi, dan putra-putranya berwarna hitam polos. Bahannya kulit sapi dengan alas beludru.

12. Dekorasi

Asmoro Decoration menyiapkan konsep gebyok dikolaborasikan warna putih dan merah marun ditambah unsur wayang agar kelihatan lebih bernuansa Jawa. Ruangan Graha Saba Buana juga akan dilengkapi banyak hiasan dari bahan bunga dari berbagai jenis, seperti casablanca, anggrek, mawar, hingga sedap malam.

13. Photo Booth

Ada dua photo booth di teras Graha Saba Buana dengan properti antik. Photo booth dilengkapi dua tokoh wayang Kamajaya dan Kamaratih yang menjadi simbol kesetiaan. (Baca: Perhatikan, Ini Rute Iring-Iringan Kereta Kencana Calon Suami Kahiyang)

14. Penerima Tamu

– Saat resepsi, Lurah Sumber, Lurah Banyuanyar, Lurah Manahan, Kepala Bappeda dan mantan ajudan Jokowi menjadi among tamu.
– Sekitar 50 polwan dan prajurit TNI bertugas sebagai pager ayu dengan memakai pakaian adat.

15. Hiburan

Band A and Friends akan menyajikan lagu-lagu berbahasa Jawa dikemas jaz seperti Lungiting Asmara, Yen Ing Tawang Ana Lintang, Jaranan, Gundul Pacul, dan Penganten Anyar.   
– Musik gamelan yang dimainkan 50 seniman dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo.
– Ada dua gamelan: Gamelan Agung untuk di dalam ruangan serta Gamelan Carabalen untuk bagian luar gedung. Sedikitnya 40 gending Jawa akan dimainkan antara lain Bondhet, Kaduk Rena, Menthok-Menthok, Cublak-Cublak Suweng, Lir-ilir, beberapa gubahan Ki Narta Sabda, dan garapan ISI Solo.
– Pertunjukan tari oleh 13 seniman dari ISI Solo meliputi Tari Triasmoro, Gondokusumo, Serimpi, serta Langen Asmoro.
– Pada acara midodareni, hiburan musik keroncong.

16. Suvenir

– Ada suvenir pada saat siraman, midodareni, maupun resepsi. Salah satunya kotak perhiasan dari kaca, model segi enam dengan ukuran 11 cm x 12 cm dan model kotak ukuran 4 cm x 6 cm.

17. Pengamanan

– Sebanyak 5.453 personel dari Kodam IV Diponegoro, Polda Jateng, Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kesehatan (DKK), Satpol PP, dan lainnya.
– Pengamanan dengan nama Operasi Bengawan Candi berlangsung pada 4-9 November
– Pengamanan di ring satu Paspampres, pengamanan di ring dua dan ring tiga dari Kodam IV Diponegoro dan Polda Jateng, lainnya berjaga di parkir tamu dan kawasan lain.

18. Rekayasa Lalu Lintas

– Saat prosesi serah terima paningset atau malam midodareni lalu lintas di sekitar kediaman direkayasa secara terbatas. Jl. Letjen Suprapto akan ditutup mulai pertigaan Masjid Mujahidin hingga pertigaan Warung Satai Dahlan, Sumber. Simpang lima Komplang Jl. Ki Mangun Sarkoro menuju traffic light Warung Satai Dahlan ditutup situasional. Rute angkutan berat dialihkan. Rekayasa rute dari Solo sisi utara atau Purwodadi dialihkan, yakni dari Palang Joglo-Jl. Kolonel Sugiyono–pertigaan Cengklik-Jl. Letjen. Sutoyo-perempatan Ngemplak-Jl. Ahmad Yani-simpang Panggung-Jl. Urip Sumoharjo-perempatan Warung Pelem-pertigaan Balong-Jl. Kapten Mulyadi-perempatan Baturono-Jl. Veteran-pertigaan Tipes-Jl. Bhayangkara-perempatan dekat Mapolsek Laweyan-Jl. Dr. Radjiman-Jl. Agus Salim-Bundaran Purwosari-Jl. Slamet Riyadi-ke luar kota. (Baca: Hindari Macet saat Jokowi Mantu, Pengendara Diarahkan Lewat Tol Soker)

– Pada hari pelaksanaan pernikahan, rute angkutan barang dari arah barat, timur, dan utara dialihkan sejak pukul 05.00 WIB.

19. Parkir

– Kendaraan tamu VIP dan VVIP bisa parkir di sekitar Grha Saba Buana.
– Parkir kendaraan tamu setingkat bupati ke bawah di tiga tempat, yakni Gelora Manahan, Lapangan Sumber, Lapangan Banyuanyar, dan pertigaan Mujahidin- dealer Yamaha. Dari lokasi parkir, tamu diantar memakai shuttle bus dan becak.

20. Toilet Portabel

Disediakan di kantong parkir masing-masing dua toilet portabel.

21. Warung Makan

Selama acara pernikahan, warung makan di kawasan Graha Saba Buana tidak tutup, bisa melayani petugas maupun wartawan.

22. Paket Wisata

Tamu yang datang ke Solo bisa menikmati paket wisata bertemakan Nostalgia Jokowi yang disiapkan Solo Raya Consortium 2017. Tamu akan diajak untuk berkeliling ke tempat-tempat bersejarah sewaktu Joko Widodo menjabat sebagai Wali Kota Solo seperti Loji Gandrung, Taman Banjarsari, Pasar Klithikan Semanggi, Pasar Gede, dan lain-lain.

23. Pesta di Medan

Digelar Jumat-Minggu (24-26/11/2017) dengan adat Tapanuli. Semua raja di Tapanuli akan diundang.

 

lowongan pekerjaan
PERUSAHAAN TEKSTIL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Pelajaran Pahit dari Eks PG Colomadu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (1/11/2017). Esai ini karya Guntur Wahyu Nugroho, seorang pemerhati dinamika Kota Solo dan sekitarnya. Alamat e-mail penulis adalah gunturwn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Prakarsa kunjungan komunitas Soeracarta Heritage Society ke eks Pabrik Gula Colomadu, Karanganyar, Minggu,…