Ilustrasi camilan manis (Boldsky) Ilustrasi camilan manis (Boldsky)
Rabu, 8 November 2017 18:45 WIB Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com Kesehatan Share :

INFO HIDUP SEHAT
Hindari! 5 Camilan Ini Berbahaya Buat Si Kecil

Info hidup sehat kali ini tentang lima camilan yang berbahaya buat si kecil.

Solopos.com, SOLO – Proses tumbuh kembang anak sangat bergantung pada makanan yang dikonsumsi. Anak-anak biasanya sangat tertarik dengan makanan yang bentuknya unik dan berwarna mencolok. Tapi, tidak semua makanan yang menarik dilihat baik untuk kesehatan.

Oleh sebab itu, Anda sebagai orang tua harus benar-benar jeli memilih makanan yang cocok untuk si buah hati. Jangan sampai makanan yang Anda berikan justru berbahaya, apalagi bagi anak usia balita. Anak berusia di bawah lima tahun belum memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Nah, makanan apa sajakah yang tidak cocok diberikan kepada balita? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Selasa (7/11/2017), di bawah ini:

Makanan manis

Makanan manis seperti cokelat, wafer, dan madu adalah yang paling sering diberikan kepada balita. Namun, ternyata penganan yang satu ini tidak baik diberikan kepada balita. Makanan yang terlalu manis berisiko membuat mereka obesitas. Selain itu, makanan manis juga tidak baik bagi pertumbuhan gigi. Sebab, anak-anak biasanya malas menggosok gigi. Jika terlalu sering mengonsumsi camilan manis, bisa saja gigi buah hati Anda berlubang bahkan membusuk.

Sereal

Sereal merupakan salah satu makanan yang biasa diberikan orang tua untuk sarapan sang buah hati. Tapi, kebiasaan yang satu ini ternyata tidak baik bagi kesehatan si kecil. Sebab, sereal mengandung gula yang sangat tinggi. Selain itu, nutrisi yang ada pada sereal juga tidak mampu memenuhi kebutuhan si kecil. Jadi, sebaiknya berikan si kecil sarapan sehat setiap hari.

Ikan

Ikan sebenarnya merupakan sumber nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang si kecil. Tapi, ada beberapa anak yang alergi terhadap ikan, terutama karena baunya yang amis. Ada baiknya Anda mengenalkan ikan dengan cara mencampurnya dalam olahan lain, seperti siomay. Sebab, campuran tepung pada siomay mampu menyamarkan bau amis pada ikan.

Makanan siap saji

Makanan siap saji seperti mi dan bubur instan sebaiknya tidak diberikan kepada balita. Kedua makanan siap saji ini memang memiliki rasa yang enak dan disukai anak-anak. Tapi, di balik kelezatannya ada bahaya yang mengancam. Bukannya menyehatkan, makanan ini justru meningkatkan risiko obesitas.

Gorengan

Makanan yang digoreng seperti keripik, sosis, serta sejumlah jajanan lainnya memang sangat lezat dan digemari anak-anak. Namun, jangan terlalu sering membelikan si kecil jajanan yang digoreng. Jika si kecil suka gorengan, sebaiknya buatkan sendiri di rumah. Anda bisa memilih bahan berkualitas yang tidak berbahaya bagi kesehatan. Namun, ada baiknya Anda tidak membiasakan anak makan gorengan. Sebaiknya, berikan camilan sehat berupa makanan yang dipanggang atau dikukus.

lowongan pekerjaan
ASTRA DAIHATSU KLATEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Pelajaran Pahit dari Eks PG Colomadu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (1/11/2017). Esai ini karya Guntur Wahyu Nugroho, seorang pemerhati dinamika Kota Solo dan sekitarnya. Alamat e-mail penulis adalah gunturwn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Prakarsa kunjungan komunitas Soeracarta Heritage Society ke eks Pabrik Gula Colomadu, Karanganyar, Minggu,…