Sport
Rabu, 8 November 2017 - 01:00 WIB

Direktur Teknik Chelsea Mundur, Conte Lebih Bebas di Bursa Transfer

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pelatih Chelsea Antonio Conte (JIBI/REUTERS/Hannah McKay)

Direktur tekni Chelsea, Michael Emenalo, mundur dari jabatannya.

Solopos.com, LONDON — Direktur Teknik Chelsea, Michael Emenalo, secara mengejutkan mundur dari jabatannya yang sudah diduduki selama kurang lebih enam tahun terakhir.

Advertisement

Emenalo merupakan orang yang mempunya pengaruh kuat dalam keputusan Chelsea membeli atau menjual pemain. Dia didatangkan Chelsea sejak 2007 dan mulai memegang jabatan direktur teknik enam tahun silam. Emanalo pun sudah seperti orang kepercayaan dan tangan kanan owner The Blues, Roman Abrambovich, selama 10 tahun terakhir.

Namun, mantan bek Timnas Nigeria itu akhirnya lengser. Media-media Inggris menyebut lengsernya Emenalo dari kursi direktur teknik Chelsea dipicu hasil negatif tim asal London Barat itu pada bursa transfer musim panas lalu.

Sepeti diketahui, Manajer Chelsea, Antonio Conte, mengincar bek Leonardo Bonucci dan Alex Sandro ke Stamford Bridge. Namun, transfer itu gagal terlaksana. Selain itu, Chelsea juga gagal memulangkan Romelu Lukaku yang diserobot Manchester United dari Everton musim panas kemarin. Paling fatal,The Blues kehilangan gelandang bertahan Nemanja Matic yang hengkang ke United.

Advertisement

“Bukan rahasia jika Conte sangat kecewa dengan pergerakan Chelsea di bursa transfer musim panas lalu, mereka gagal mendatangkan sejumlah target. Nemanja Matic hengkang ke Manchester United,” tulis Daily Mail, Selasa (7/11/2017).

“Seorang sumber mengkalim Emanalo dan Conte terlibat perdebatan mengenai kebijakan transfer musim panas lalu. Dan Emanalo dalam tekanan herarki Chelsea karena Conte tidak puas dengan kedalaman skuatnya musim ini.”

Namun, dalam wawancaranya kepada Chelsea TV, Emanalo mengaku alasannya mundur dari kursi direktur teknik Chelsea karena ingin menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga. “Alasannya sangat simpel. Saya ingin melihat anak-anakku tumbuh kembang,” jelas dia.

Advertisement

Lengsernya Emanalo sontak bakal membuat Conte lebih leluasa menentukan kebijakan transfer pemain di Chelsea untuk musim dingin, Januari 2018 nanti. Apalagi, Chelsea disebut-sebut tidak akan mencari pengganti Emanalo untuk menempati jabatan direktur teknik.

Direktur Chelsea, Marina Granavskala, yang semula menjadi anak buah Emanalo, tetap akan memegang jabatannya. Tugasnya sebagai direktur terbatas pada masalah negosiasi transfer, bukan pengambil keputusan. Granavskala akan langsung dikomandoi Pencari Bakat dan Direktur Akademi, Neil Bath.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif