News
Selasa, 7 November 2017 - 11:20 WIB

Soal Kondisi Ekonomi, Masyarakat DIY Paling Optimistis

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo BPS (google.img)

Indeks Tendensi Konsumen (ITK) DIY pada triwulan III 2017 sebesar 119,09

Harianjogja.com, BANTUL-Badan Pusat Statistik (BPS) DIY mencatat nilai Indeks Tendensi Konsumen (ITK) DIY pada triwulan III 2017 sebesar 119,09. Nilai tersebut paling tinggi secara nasional.

Advertisement

Kepala BPS DIY, JB Priyono mengatakan angka tersebut menggambarkan persepsi konsumen terkait kondisi ekonomi berada pada taraf optimistis karena di atas angka 100. “Artinya, kondisi ekonomi selama triwulan III meningkat lebih baik,” katanya dalam Berita Resmi Statistik di Kantor BPS DIY, Senin (6/11/2017).

Ia menjelaskan, membaiknya kondisi ekonomi didorong oleh indeks pendapatan dini, indeks pengaruh perubahan harga terhadap konsumsi, dan indeks volume konsumsi barang dan jasa yang ketiganya juga berada dalam taraf optimistis. Pendapatan dini tercatat 119,27 dan diartikan bahwa sebagian besar konsumen memiliki perspektif positif terkait nilai nominal pendapatan yang diterima.

Priyono mengatakan, momentum liburan sekolah, pergantian tahun ajaran baru, dan perayaan Idulfitri menjadi sumber meningkatnya pendapatan yang diterima pekerja. Sementara persepsi konsumen terkait inflasi terhadap konsumsi tercatat 118,93.

Advertisement

“Dibandingkan triwulan sebelumnya yang sebesar 113,48, triwulan III ini meningkat nyata. Pengaruhnya kondisi harga barang dan jasa kebutuhan rumah tangga mengalami kenaikan harga yang relatif rendah sehingga tetap mengonsumsi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan,” katanya.

Volume konsumsi barang dan jasa menempati nilai 118,26 karena didorong peningkatan volume, kuantitas, dan frekuensi konsumsi semua kelompok pengeluaran, kecuali kelompok akomodasi yang tercatat pesimis pada angka 99,43.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif