Duo NDX AKA (Instagram @yonandafrisnadamara) Duo NDX AKA (Instagram @yonandafrisnadamara)
Selasa, 7 November 2017 09:10 WIB Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com Nada Share :

NDX AKA Benarkan Lagu Sayang Via Vallen Disadur dari Lagu Jepang

NDX AKA membernatkan tembang Sayang disadur dari lagu Jepang.

Solopos.com, SOLO – Siapa yang tidak tahu lagu dangdut kekinian bertajuk Sayang? Lagu ini melejit setelah dipopulerkan oleh pedangdut masa kini, Via Vallen. Lagu berbahasa Jawa ini menjadi salah satu andalan bagi wanita asal Sidoarjo, Jawa Timur. Hampir setiap pentas dia selalu membawakan lagu ini.

Tapi, belakangan ini kabar tak sedap datang menerpa. Lagu hits yang dinyanyikan Via Vallen itu disebut sebagai hasil plagiat. Pasalnya, bagian reffrein Sayang sangat mirip dengan lagu Jepang bertajuk Kiroro Mirae. Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Senin (6/11/2017), Kiroro Mirae merupakan lagu yang populer di Jepang pada era 1990-an.

Melodi bagian verse [awal lagu sebelum reffrein] Kiroro Mirae terdengar sangat mirip dengan Sayang versi Via Vallen yang awalnya dinyanyikan grup NDX AKA. Lagu ini dirilis pada 1998, namun baru diunggah di Youtube sekitar tahun 2004. Lagu ini merupakan bagian dari album duo Kiroro, Nagai Aida Kiroro no Mori.

Kemiripan itu membuat banyak orang menuding lagu Sayang merupakan hasil  plagiat. Bedanya, lagu sayang memiliki tempo yang lebih cepat dan diiringi musik dangdut. Selain itu, lagu ini juga dilengkapi dengan bagian rap. Sementara Kiroro Mirae terdengar lebih lembut yang didominasi alunan piano dan gitar.

Menanggapi kontroversi lagu Sayang, grup NDX AKA akhirnya angkat bicara. Salah satu personelnya, Yonanda, mengatakan, Sayang memang disadur dari lagu Jepang berjudul Mirai yang dipopulerkan Kiroro. Lagu ini dibuat versi Jawanya oleh musisi lokal bernama Anton Obama. Sementara pihak NDX AKA menambahkan irama rap di bagian verse.

“Jadi ceritanya itu lagu Jepang, Kiroro Mirai. Itu di bahasa Jawa-kan sama Anton Obama tanpa rap. Terus kita bawakan lagu itu, ditambahkan rapnya tiga bagian. Terus di-cover sama Via Vallen. Jadi, itu lagu punya Anton Obama dan NDX AKA,” jelas Yonanda seperti dikutip dari Okezone. 

 

 

lowongan pekerjaan
PT.BPR DANA UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sejarah Kebangsaan di Kawasan Singosaren

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (30/10/2017). Esai ini karya Heri Priyatmoko, dosen Sejarah di Fakultas Sastra Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah heripri_puspari@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Maestro tari, Sardono W Kusumo, pulang kampung. Dalam usia sepuh dan lama…