Ribuan relawan berjubel masuk Jl. Kutai Timur, Sumber Banjarsari, Solo. Mereka mendatangi rumah Presiden Jokowi yang sedang menggelar midodareni. (Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/Solopos)
Selasa, 7 November 2017 19:00 WIB Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/Solopos Politik Share :

JOKOWI MANTU
Ribuan Relawan Projo Berjubel di Sumber Solo

Ribuan relawan pro Jokowi (Projo) memadati Sumber, Banjarsari, Solo, meramaikan acara Presiden Jokowi yang sedang mantu.

Solopos.com, SOLO — Rangkaian prosesi pernikahan Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby berlanjut malam ini, Selasa (7/11/2017). Kahiyang menjalani prosesi midodareni sedangkan Bobby datang ke kediaman Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyerahkan peningset.

Sementara itu, ribuan orang baik dari tamu undangan, warga, sukarelawan pendukung Jokowi mulai memadati kawasan Sumber, Banjarsari, Solo, rumah Jokowi. Puluhan bus yang mengangkut sukarelawan masuk dari Jl. Adi soemarmo ke Jl.Letjen Suprapto ke selatan mendekat ke kediaman Jokowi.

Satu bus mengangkut enam puluh orang. Felix Tanujaya Ketua Sedulur Pakde, mengatakan Sedulur Pakde bergabung dengan 53 kelompok sukarelawan yang lain.

“Kami sangat bangga bisa hadir dalam acara ini. Midodareni adalah prosesi yang sangat sakral untuk pernikahan,” kata Felix, sukarelawan asal Jakarta ini.

Midodareni yang akan dijalani Kahiyang-Bobby Selasa malam, meliputi acara nyantrik yakni untuk memastikan calon pengantin laki-laki akan hadir dalam akad nikah dan sebagai bukti keluarga calon pengantin perempuan benar-benar siap melakukan prosesi pernikahan di hari berikutnya.

Prosesi midodareni adalah penyerahan hantaran dari keluarga pengantin putra ke pengantin putri dan perkenalan antarkedua keluarga besar.
Inti dari midodareni adalah nebus kembar mayang atau tumedak kembar mayang.

“Nanti ada tokoh namanya Kyai Saroyo Jati dan Nyai Saroyo Jati yang dapat tugas dari Bapak pengantin putri [Jokowi] untuk mencari orang yang punya kembar mayang. Kebetulan saya sendiri yang jadi Nyai Saroyo Jati,” kata Sarie Nugraha, wartawan senior RRI yang juga didapuk menjadi MC saat resepsi besok Rabu (8/11/2017).

Relawan Jokowi

Relawan Jokowi

Relawan Jokowi

Relawan Jokowi

Relawan Jokowi

Relawan Jokowi

lowongan pekerjaan
PERUSAHAAN TEKSTIL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sejarah Kebangsaan di Kawasan Singosaren

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (30/10/2017). Esai ini karya Heri Priyatmoko, dosen Sejarah di Fakultas Sastra Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah heripri_puspari@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Maestro tari, Sardono W Kusumo, pulang kampung. Dalam usia sepuh dan lama…