Joko Widodo bersama Iriana dan kedua putranya, Gibran Rakabuming, Kaesang Pangarep dalam prosesi pemasangan Bleketepe, Selasa (7/11/2017). (M. Ferri Setiawan/JIBI/Solopos) Joko Widodo bersama Iriana dan kedua putranya, Gibran Rakabuming, Kaesang Pangarep dalam prosesi pemasangan Bleketepe, Selasa (7/11/2017). (M. Ferri Setiawan/JIBI/Solopos)
Selasa, 7 November 2017 08:41 WIB Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos Peristiwa Share :

JOKOWI MANTU
Kahiyang dan Bobby Jalani Prosesi Siraman di Private Room

Siraman menjadi salah satu prosesi adat yang dijalani kedua pasangan sebelum menuju ke pelaminan.

Solopos.com, SOLO – Putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu, dan Muhammad Bobby Afif Nasution akan menjalani prosesi Siraman pagi ini,  Selasa (07/11/2017). Siraman menjadi salah satu prosesi adat yang dijalani kedua pasangan sebelum menuju ke pelaminan.

Pantauan Solopos.com, Selasa pagi WIB, prosesi siraman untuk mempelai pria, Muhammad Afif Bayu Nasution, sedianya dilakukan di  private room lantai 19 Hotel Alila Solo, Selasa (7/11/2017). Kamar pribadi ini menjadi salah satu layanan hotel untuk para tamu yang dilengkapi dengan kolam renang pribadi.

(Baca Juga: Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution Jalani Proses Siraman Pagi Ini)

Hal ini disampaikan Public Relations Hotel Alila, Tiwik Widowati. “Yang jelas siraman digelar di salah satu private room kami yang memiliki fasilitas berupa kolam renang pribadi,” paparnya, kepada Solopos.com.

Acara siraman ini dilakukan sehari sebelum pernikahannya dengan putri Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Kahiyang Ayu, di Graha Saba Buana, Rabu (8/11/2017).

Proteksi ketat pun diperlakukan kepada tamu yang hendak memasuki hotel. Metal detector dipasang di depan lobi utama untuk keluar masuk tamu. Menurutnya, saat siraman ini hanya akan dihadiri oleh pihak kelurga serta sejumlah keluarga dekat.

(Pantauan Prosesi Pernikahan Kahiyang & Boby di topik Jokowi Mantu Solopos.com)

Berdasarkan pantauan pewarta Solopos.com, Indah Septiyaning W. sejumlah tamu undangan yang akan menyaksikan prosesi siraman mulai berdatangan salah satunya Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo didampingi istri E. Endang Prasetyaningsih.

Istri orang nomor satu di Kota Solo itu merupakan salah satu sesepuh yang akan ikut menyirami Kahiyang. Tak hanya tamu undangan, puluhan wartawan dari berbagai media massa juga sudah berdatangan di lingkungan kediaman Jokowi.

Prosesi siraman akan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Namun sebelum itu ada serangkaian upacara yang akan dilakukan keluarga Presiden.

Wali Kota Solo mengatakan istrinya ditunjuk pihak keluarga menjadi salah satu yang akan mengikuti prosesi siraman.

“Dulu saya yang ikut siraman Mas Gibran (putra presiden Gibran Rakabuming Raka), tapi kali ini kan Mbak Kahiyang jadi ibu yang ikut siraman,” kata Rudy sapaan akrabnya kepada Solopos.com.

Rencana sesepuh lain yang akan mengikuti siraman Kahiyang, di antaranya ibunda Jokowi Sujiatmi Notomihardjo, Danarsih Dullah, Ibu Setyawan Prasetyo, Ibu Widodo Prasetyo, Ibu Anik Hari Milyantono, Ibu Didit Supriyadi, Idayati Hari Mulyono, Ibu Dr. Idong Setyo Husodo. Prosesi siraman akan ditutup oleh Jokowi dan Ibu Negara Iriana.

lowongan pekerjaan
PT.BPR DANA UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sejarah Kebangsaan di Kawasan Singosaren

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (30/10/2017). Esai ini karya Heri Priyatmoko, dosen Sejarah di Fakultas Sastra Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah heripri_puspari@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Maestro tari, Sardono W Kusumo, pulang kampung. Dalam usia sepuh dan lama…