Ilustrasi kamar Hotel Aziza Solo (aziza.horison-group.com) Ilustrasi kamar Hotel Aziza Solo (aziza.horison-group.com)
Selasa, 7 November 2017 15:40 WIB Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Jogja Banyak Hotel, Berapa Rerata Tenaga Kerja yang Terserap?

PHRI klaim tenaga kerja banyak terserap di hotel.

Solopos.com, JOGJA— Serapan tenaga kerja di sektor perhotelan terbilang tinggi. Jika ada 100 kamar dalam sebuah hotel, serapan tenaga kerja bisa mencapai 70 orang sampai 100 orang.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Resto Indonesia (PHRI) DPD DIY, Istidjab Danunegoro menyampaikan, jumlah tenaga kerja yang terserap di sektor perhotelan tergantung pada jumlah kamar. “Kalau kamarnya 100, pegawainya bisa sekitar 70 sampai 100 orang. Ada pula yang 120,” katanya, Selasa (7/11/2017).

Dari angka serapan tenaga kerja tersebut, ia mengakui andil sektor perhotelan dalam menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat sangat tinggi. Tidak hanya hotel bintang, menurutnya hotel nonbintang pun juga andil dalam membuka lapangan kerja, kendati jumlahnya tidak terlalu besar.

Istidjab mengatakan, pembangunan bandara baru di Kulonprogo diyakini akan memberi peluang kerja yang besar bagi masyarakat. Adanya pembangunan hotel dan resto di kawasan tersebut juga akan membuka lapangan kerja bagi warga DIY.

Sementara itu, berdasarkan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Agustus 2017, perdagangan, hotel dan restoran masuk tiga besar sektor yang menyerap tenaga kerja terbanyak. Andil sektor tersebut mencapai 26,97%%. Dua sektor terbesar lainnya adalah pertanian 26,97% dan jasa 19,37%.

lowongan pekerjaan
ASTRA DAIHATSU KLATEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sejarah Kebangsaan di Kawasan Singosaren

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (30/10/2017). Esai ini karya Heri Priyatmoko, dosen Sejarah di Fakultas Sastra Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah heripri_puspari@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Maestro tari, Sardono W Kusumo, pulang kampung. Dalam usia sepuh dan lama…