Ilustrasi perempuan korban kekerasan. (recovert.org) Ilustrasi perempuan korban kekerasan. (recovert.org)
Selasa, 7 November 2017 12:20 WIB Abdul Hamid Razak/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

Ini Penyebab Perempuan Rentan Alami Tekanan Psikologis

Pada 2017, ada beragam jenis kekerasan yang dialami perempuan

Solopos.com, SLEMAN-Perempuan rentan mengalami ketidakstabilan mental. Akibat peran-peran sosial, politik, dan ekonomi sangat memungkinkan mereka memiliki banyak beban dan mengalami kekerasan yang membuat kondisi psikologis semakin tertekan.

Hal ini diungkapkan dosen Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) Dhyah Ayu Retno Widyastuti. “Ketidakadilan peran laki-laki dan perempuan dalam masyarakat membuat perempuan banyak mengalami beban ganda dan kekerasan,” katanya melalui rilis yang diterima Harian Jogja, Senin (6/11/2017).

Berdasarkan Catatan Tahunan (CATAHU) Komnas Perempuan pada 2017, ada beragam jenis kekerasan yang dialami perempuan. Di antaranya adalah kekerasan fisik 4.281 kasus, kekerasan seksual 3.495, psikis 1.451 kasus, dan ekonomi 978 kasus.

“Berbagai jenis kekerasan itu adalah sumber kerentanan pada kesehatan perempuan baik fisik maupun mental,” kata dia dalam Talkshow Perempuan dan Kesehatan Jiwa yang diselenggarakan Srikandi Lintas Iman bersama Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UAJY.

lowongan pekerjaan
Toko Cat Warna Abadi (WAWAWA), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sejarah Kebangsaan di Kawasan Singosaren

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (30/10/2017). Esai ini karya Heri Priyatmoko, dosen Sejarah di Fakultas Sastra Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah heripri_puspari@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Maestro tari, Sardono W Kusumo, pulang kampung. Dalam usia sepuh dan lama…