Bupati Sleman Sri Purnomo dan Kepala Dinas Kominfo Sleman Intriati Yudatiningsih saat menunjukan aplikasi Lapor Sleman. (Abdul Hamied Razak/JIBI/Harian Jogja) Bupati Sleman Sri Purnomo dan Kepala Dinas Kominfo Sleman Intriati Yudatiningsih saat menunjukan aplikasi Lapor Sleman. (Abdul Hamied Razak/JIBI/Harian Jogja)
Selasa, 7 November 2017 09:20 WIB Abdul Hamid Razak/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

Identitas Lapor Sleman Bocor, DPRD Sleman Minta Penjelasan

Anggota DPRD Sleman Arief Kurniawan menyayangkan adanya pembocoran identitas pelapor tersebut

Solopos.com, SLEMAN-DPRD Sleman berencana meminta penjelasan kasus tersebut kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait.

Anggota DPRD Sleman Arief Kurniawan menyayangkan adanya pembocoran identitas pelapor tersebut. Ia mengatakan, keberadaan aplikasi Lapor Sleman itu untuk merespons dan menindaklanjuti secara cepat persoalan yang ada di masyarakat.

“Sistem tersebut juga memberikan kepastian bahwa masyarakat sebagai pelapor harus dijamin kerahasiaan identitasnya agar tidak berdampak konflik sosial di masyarakat,” kata dia.

Seharusnya, sistem tersebut bisa menjadi sarana komunikasi sekaligus media kontrol masyarakat secara langsung dalam mengawasi program pemerintah daerah khususnya terkait pembangunan. Tujuan masyarakat mau melapor harus diapresiasi. Artinya, masyarakat peduli terhadap program pembangunan pemerintah sehingga selayaknya diberi penghargaan dengan menjaga kerahasiaan identitas.

Baca juga : Terkait Kebocoran Identitas Lapor Sleman, Ini Tindakan Pemkab Sleman

“Bahkan jika perlu bisa diajak komunikasi oleh dinas sebagai narasumber untuk dimintai informasi lebih detail tentang apa yang sudah dilaporkan. Kami akan meminta penjelasan soal ini ke Pemkab [Sleman],” kata politisi PAN ini.

Ketua DPRD Sleman Haris Sugiharta juga angkat bicara. Pihaknya akan segera mengomunikasikan masalah tersebut dengan pimpinan DPRD lainnya. Termasuk akan meminta keterangan dari SKPD terkait. “SKPD terkait pasti akan kami panggil,” kata Haris.

Baca juga : Duh Dek, Identitas Pelapor di Lapor Sleman Bocor

Sementara Bupati Sleman Sri Purnomo mengaku akan melakukan evaluasi terkait kebocoran identitas pelapor itu. “Besok akan kami kumpulkan untuk dievaluasi,” jawab Sri singkat.

Baca juga : Hadeh! Capek Deh, Identitas Pelapor di Lapor Sleman Sering Bocor

lowongan pekerjaan
PT.BPR DANA UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sejarah Kebangsaan di Kawasan Singosaren

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (30/10/2017). Esai ini karya Heri Priyatmoko, dosen Sejarah di Fakultas Sastra Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah heripri_puspari@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Maestro tari, Sardono W Kusumo, pulang kampung. Dalam usia sepuh dan lama…