Petugas PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) memperbaiki pintu masuk tol Soker Klodran, Karanganyar, Selasa (7/11/2017). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos) Petugas PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) memperbaiki pintu masuk tol Soker Klodran, Karanganyar, Selasa (7/11/2017). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos)
Selasa, 7 November 2017 15:35 WIB Muhammad Ismail/JIBI/Solopos Peristiwa Share :

Hindari Macet saat Jokowi Mantu, Pengendara Diarahkan lewat Tol Soker

Tol Soker akan dibuka dari dua arah pada Rabu atau bersamaan dengan resepsi pernikahan Kahiyang putri Jokowi.

Solopos.com, SOLO — PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) akan mengoperasikan tol Solo-Kertosono (Soker) untuk sementara selama resepsi pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu, dengan Bobby Nasution, Rabu (8/11/2017).

Korlantas Polri dan PT SNJ pada Selasa (7/11/2017) mengecek langsung ke lokasi untuk melihat kesiapan infrastruktur tol tersebut. Pejabat Bagian Teknik PT SNJ, Rully Astika Lesmana, mengatakan rencana awal tol Soker dioperasikan sementara selama dua hari yakni Selasa-Rabu (6-7/11/2017). (Baca: Jelang Pernikahan Kahiyang, Jl. Letjen Suprapto Ditutup Malam)

Namun, rencana tersebut berubah setelah melihat kondisi di lapangan. “Satlantas memiliki penilaian lain soal arus lalin [lalu lintas] di Kota Solo pada Selasa pagi belum begitu padat. Kami akhirnya tidak jadi membuka tol Soker selama prosesi acara siraman pernikahan putri Presiden Jokowi,” ujar Rully saat dihubungi Solopos.com, Selasa.

Menurut Rully, tol Soker akan dibuka pada Rabu pagi pukul 06.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Hal itu sudah dikoordinasikan dengan Satlantas Polresta Solo, Ditlantas Polda Jateng, dan Korlantas Polri.

“Kami bersama tim gabungan dari Polri melakukan pengecekan tol Soker yang akan dijadikan jalan alternatif kendaraan berat pada Rabu pagi. Tol Soker akan dibuka dua arah,” kata dia. (Baca: 3 ICU Mini Siap Layani Tamu Kahiyang, Ini Lokasinya)

Setelah mengecek tol Soker langsung melakukan evaluasi. Hasil evaluasi akan menempatkan petugas tim gabungan dari SNJ, TNI, dan Polri berjaga di lokasi rawan kecelakaan lalu lintas (lakalantas). “Kami masih menemukan bagian ruass tol yang belum sempurna sehingga harus dijaga petugas. SNJ akan mendirikan tiga pos untuk membantu pengendara yang melewati tol Soker,” kata dia.

Ia menjelaskan ketiga pos tersebut yakni pintu masuk Ngasem, Kartasura, Sukoharjo; Klodran, Karanganyar; dan Kebakkramat, Karanganyar. PT SNJ juga menjadikan pintu masuk tol Soker di Klodran, Karanganyar, sebagai lokasi parkir truk atau kendaraan tamu Presiden.

“Kami tidak berani membuka tol Soker sampai malam karena fasilitas lampu penerangan belum ada,” kata dia. (Baca: Perhatikan, Ini Rute Iring-Iringan Kereta Kencana Calon Suami Kahiyang)

Sementara itu, Kasatlantas Polresta Solo Kompol Imam Syafi’i mewakili Kapolresta Solo AKBP Ribut Hari Wibowo mengatakan kendaraan berat pada Selasa masih diperbolehkan melintas di jalan Kota Solo. Kendaraan berat baru dialihkan masuk tol Soker Rabu pagi sampai sore.

“Kami sudah mengecek semua kesiapan infrastruktur tol Soker sebelum dioperasikan sementara Rabu pagi. Satlantas pastikan tol Soker siap diperasikan sebagai jalan alternatif selama prosesi pernikahan putri Presiden Jokowi,” kata dia.

lowongan pekerjaan
OPTION EXECUTIVE KTV & BAR, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sejarah Kebangsaan di Kawasan Singosaren

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (30/10/2017). Esai ini karya Heri Priyatmoko, dosen Sejarah di Fakultas Sastra Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah heripri_puspari@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Maestro tari, Sardono W Kusumo, pulang kampung. Dalam usia sepuh dan lama…