News
Selasa, 7 November 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 7 November

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ?Vladimir Lenin. (Newsweek.com)

Catatan peristiwa-peristiwa penting dari tahun ke tahun pada 7 November tersaji dalam tulisan berikut.

Semarangpos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 7 November. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com, Brainyhistory.com, dan Wikipedia.org, berikut beberapa peristiwa yang dirangkum Semarangpos.com dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 7 November, demi mengenangnya.

Advertisement

1861
Salah satu pertempuran antara pasukan Union dan pasukan Konfederasi di masa Perang Saudara Amerika Serikat (AS) meletus di kawasan Mississippi, Missouri, AS. Pertempuran tersebut berhasil dimenangi pasukan Union meski membawa tentara yang lebih sedikit. Pada akhir pertempuran, pasukan Konfederasi memilih angkat kaki dari wilayah Mississippi.

1917
Pemimpin Bolshevik, Vladimir Lenin, memimpin kudeta melawan Pemerintahan Sementara Rusia yang dipimpin Alexander Kerensky. Peristiwa itu sekaligus memulai Revolusi Bolshevik. Hingga kini, peristiwa tersebut selalu diperingati setiap tahunnya di Rusia.

Advertisement

1917
Pemimpin Bolshevik, Vladimir Lenin, memimpin kudeta melawan Pemerintahan Sementara Rusia yang dipimpin Alexander Kerensky. Peristiwa itu sekaligus memulai Revolusi Bolshevik. Hingga kini, peristiwa tersebut selalu diperingati setiap tahunnya di Rusia.

1914
Pasukan Jepang berhasil mengambil alih wilayah Teluk Klaochow dan Tsingtao dari kekuasaan Jerman. Sebelumnya, Jerman telah berkuasa di kawasan tersebut sejak 1891. Kini, kawasan tersebut merupakan bagian dari kekuasaan Tiongkok.

1917
Pasukan Inggris berhasil mengalahkan pasukan Kesultanan Ottoman di Gaza, Palestina. Kekalahan dalam salah satu pertempuran di masa Perang Dunia I itu mengharuskan pasukan Kesultanan Ottoman angkat kaki dari Gaza. Namun demikian, kekalahan itu justru memicu Kesultanan Ottoman meletuskan beberapa pertempuran yang lebih lebih besar melawan Inggris.

Advertisement

Kapal medis milik Uni Soviet, Armenia. (Wikimedia.org)

1941
Kapal medis milik Uni Soviet, Armenia, dibombardir oleh pesawat tempur milik Jerman. Kapal tersebut diserang saat mengevakuasi para pengungsi di Krimea. Serangan itu menyebabkan tenggelamnya Armenia dan ditaksir menewaskan 5.000 orang yang ikut tenggelam bersama kapal.

1956
Majelis Umum PBB menyerukan agar Inggris, Prancis, dan Israel menarik pasukan mereka dari Terusan Suez di Mesir. Seruan Majelis Umum PBB itu sekaligus mengakhiri Krisis Suez yang berlangsung selama sembilan hari.

Advertisement

Rio Gavin Ferdinand. (guardian.co.uk)

1978
Rio Gavin Ferdinand lahir di Peckham, London, Inggris. Namanya lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela klub besar di Inggris, Menchester United (MU), dari 2002 hingga 2014. Sebelum menyatakan pensiun dari dunia sepak bola, Ferdinand sempat membela Queens Park Rangers selama semusim.

David De Gea Quintana. (Telegraph.co.uk)

Advertisement

1990
David De Gea Quintana lahir di Madrid, Spanyol. Kini, namanya dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang berposisi penjaga gawang untuk Manchester United sejak 2011 silam. Bersama MU, De Gea sudah bermain sebanyak 110 kali di Liga Inggris.

2004
Pasukan Amerika Serikat (AS) menyerang salah satu markas kelompok yang dianggap sebagai pemberontak di Fallujah. Serangan itu memicu pemerintahan sementara di Irak menetapkan keadaan darurat selama 60 hari. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 6 November
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 5 November
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 4 November

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif