Andrea Pirlo (JIBI/Harian Jogja/Reuters) Andrea Pirlo (JIBI/Harian Jogja/Reuters)
Selasa, 7 November 2017 14:25 WIB Ahmad Baihaqi/JIBI/Solopos.com Internasional Share :

Andrea Pirlo, Sang Maestro yang Putuskan Pensiun

Andrea Pirlo memutuskan untuk gantung sepatu.

Solopos.com, NEW YORK – Tahun ini sepak bola dunia kembali ditinggal pemain top yang memilih pensiun. Setelah Phillip Lahm, Francesco Totti, dan Xabi Alonso, kini giliran Andrea Pirlo yang memutuskan untuk gantung sepatu.

Pirlo yang dikenal sebagai maestro sepak bola itu pensiun usai menjalani laga pamungkasnya bersama New York City. Pirlo masuk sebagai pemain pengganti saat New York City FC mengalahkan Columbus Crew 2-0 pada Minggu (5/11/2017) dalam lanjutan babak play off MLS.

Namun kemenangan itu tak bisa mengantar New York FC ke final Wilayah Timur MLS. New York FC kalah agregat 3-4 dari Columbus Crew. Terhentinya Colombus itu sekaligus menandai berakhirnya karier Pirlo sepak bola profesional.

“Pertandingan terakhir di MLS. Karena waktu saya di NYFC sudah berakhir, saya ingin menyampaikan beberapa kata,” tulis Pirlo di akun Twitter miliknya.

“Saya ingin berterima kasih kepada semua orang atas kebaikan dan dukungan yang mereka tunjukkan di kota yang luar biasa ini. Terima kasih kepada suporter yang luar biasa, terima kasih kepada para staf pelatih dan semua orang yang bekerja di balik layar, terima kasih kepada rekan-rekan setim saya,” sambung gelandang 38 tahun tersebut.

“Bukan cuma petualangan saya di New York yang berakhir, tapi juga petualangan saya sebagai pesepak bola. Itulah kenapa saya ingin memakai kesempatan ini untuk berterima kasih kepada keluarga saya dan anak-anak saya atas dukungan dan cinta yang selalu mereka berikan, kepada setiap tim yang pernah saya bela, semua rekan setim yang pernah main bersama saya, semua orang yang membuat karier saya jadi begitu luar biasa.”

“Dan yang terakhir, semua fans di seluruh dunia yang selalu mendukung saya. Kalian akan selalu berada di sisi saya dan di hati saya,” tutup Pirlo.

Pirlo sendiri mengawali kariernya di Brescia dan menjalani debut profesionalnya pada tahun 1995. Pirlo dikenal sebagai gelandang tengah yang mumpuni dengan memiliki umpan-umpan terukur. Dia juga kerap mencetak gol lewat tendangan bebas.

Setelah dari Brescia, Pirlo kemudian hijrah ke Inter Milan, Reggina, AC Milan, Juventus hingga akhirnya pindah ke New York City pada 2015. Pirlo tercatat memenangi enam scudetto Liga Italia dan dua titel Liga Champions dalam kariernya. Dia juga merasakan gelar juara Piala Dunia bersama Timnas Italia pada 2006.

lowongan pekerjaan
PT.BPR DANA UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sejarah Kebangsaan di Kawasan Singosaren

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (30/10/2017). Esai ini karya Heri Priyatmoko, dosen Sejarah di Fakultas Sastra Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah heripri_puspari@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Maestro tari, Sardono W Kusumo, pulang kampung. Dalam usia sepuh dan lama…