News
Senin, 6 November 2017 - 13:55 WIB

Untuk Tembus Pasar Ekspor, Tak Melulu Soal Harga

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para kurator dari pakar ekspor industri kerajinan melakukan penilaian terhadap produk-produk UMKM yang akan mengikuti Gerebek UMKM Sambut Bandara Baru di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) DIY, Jumat (3/11). (Harian Jogja/Holy Kartika N.S)

UMKM DIY harus bisa manfaatkan luasnya pasar ekspor

Harianjogja.com, JOGJA-Pasar global memiliki peluang yang luas, di mana potensi pembeli akan lebih banyak dan pasar akan lebih besar. Hal ini harus dimanfaatkan pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) DIY.

Advertisement

Pakar Pemasaran Ekspor Industri Kerajinan Jogja Amir Panzuri mengatakan, untuk menembus pasar ini tidak hanya soal harga, tetapi pasar luar negeri juga akan melihat kualitas, desain dan berbagai aspek lainnya.

“Jogja mempunyai semua itu, tetapi persaingan jadi ketat. Untuk itu, pelaku UMKM harus meningkatkan pemahaman kewirausahaan yang kuat. Di samping itu meningkatkan keterampilan marketing dan menguasi aspek produksi,” jelas Amir.

Baca juga : Inilah Kenapa UMKM DIY Harus Naik Kelas Sambut Bandara Kulonprogo

Advertisement

Dalam menembus pasar ekspor, masih banyak tantangan berat yang akan dihadapi pelaku UMKM. Amir mengungkapkan para UMKM harus meningkatkan pemahaman tentang regulasi ekspor, jika ingin naik kelas. Bukan hanya pemahaman regulasi ekspor di negara sendiri, tetapi juga negara tujuan.

“Paling penting adalah memiliki mental kewirausahaan yang kuat. Mereka harus memiliki keberanian membangun desain, hingga keberanian melakukan investasi yang belum tentu bisa segera kembali. Bukan besarnya investasi tetapi kejelian dalam menangkap peluang investasi,” papar Amir.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif