Sejumlah warga berupaya melakukan pemadaman saat terjadi kebakaran rumah milik salah seorang warga Desa Karangasem, Kecamatan Semin, Senin (6/11/2017). (Foto Istimewa) Sejumlah warga berupaya melakukan pemadaman saat terjadi kebakaran rumah milik salah seorang warga Desa Karangasem, Kecamatan Semin, Senin (6/11/2017). (Foto Istimewa)
Senin, 6 November 2017 18:20 WIB David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja Gunung Kidul Share :

Rumah Terbakar, Uang Rp8,5 juta Diduga Ikut Jadi Abu

Peristiwa kebakaran terjadi di salah satu rumah warga Desa Karangasem, Kecamatan Semin

Solopos.com, GUNUNGKIDUL—Peristiwa kebakaran terjadi di salah satu rumah warga Desa Karangasem, Kecamatan Semin, Gunungkidul. Akibat kejadian itu sebagian besar bangunan, termasuk perabot rumah ludes terbakar.

Sedangkan uang Rp8,5 juta yang disimpan di dalam rumah diduga juga ikut ludes dilalap si jago merah.

Kapolsek Semin, AKP Sriyadi mengatakan kebakaran terjadi di rumah milik Katijo pada Senin (6/11/2017) sekitar pukul 09.00 WIB. Akibat kebakaran tersebut sekitar 80% bangunan hangus terbakar, sedangkan sejumlah barang-barang berharga yang berada di dalam rumah juga habis dilalap api.

“Koran mengaku menyimpan uang Rp8,5 juta di dalam rumah, dan diduga uang yang sebagian besar untuk persiapan hajatan itu juga ikut terbakar. Saat dicari uang tersebut belum ketemu, yang sudah ketemu malah emas miliki korban seberat 25 gram,” kata dia, Senin.

Menurut Sriyadi, saat kebakaran terjadi warga sekitar yang hendak memadamkan api sempat mengalami kesulitan. Pasalnya saat api mulai berkobar, pintu rumah masih dalam keadaan terkunci rapat.

“Pintu terkunci karena pemilik rumah sedang bekerja, sementara anak-anaknya sedang sekolah,” ujarnya.

Upaya warga melakukan pemadaman dengan alat seadanya kemudian mendapat bantuan. Pasalnya beberapa menit kemudian datang dua unit mobil pemadam kebakaran. Kendati api mampu dipadampakan satu jam kemudian, tetapi api sudah terlanjur melalap sebagian besar bangunan.

Barang-barang berharga seperti empat unit televisi, satu unit disel air, kulkas, gabah, dan sejumlah dokumen berharga hangus menjadi abu. Diperkirakan akibat kejadian tersebut pemilik rumah mengalami kerugian sekitar Rp60 juta.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Polres Gunungkidul, Iptu Ngadino mengatakan, tim identifikasi dari Polres Gunungkidul telah diterjunkan ke tempat kejadian perkara (TKP). Tim langsung melakukan identifikasi untuk mencari tahu penyebab kebakaran.

“Saat ini kasusnya sedang ditangai. Tim indentifikasi dari polres sedang bekerja untuk mengetahui penyebab terjadinya kebakaran itu. Hasilnya belum dapat kami sampaikan,” kata dia.

lowongan pekerjaan
Toko Cat Warna Abadi (WAWAWA), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Pemerataan Kesejahteraan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (24/10/2017). Esai ini karya Anton A. Setyawan, Doktor Ilmu Manajemen dan dosen di Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah anton.setyawan@ums.ac.id. Solopos.com, SOLO — Tanggal 20 Oktober…