Jogja
Senin, 6 November 2017 - 09:55 WIB

Pemerintah Gencarkan Pembuatan Kartu Identitas Anak

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kartu identitas anak. (Ahmad Wakid/JIBI/Solopos)

Gunungkidul sebagai salah satu kabupaten yang menjadi ujicoba program KIA dari Kemendagri

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Pemerintah mendorong percepatan penerapan Kartu Identitas Anak (KIA) di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia. Gunungkidul sebagai salah satu kabupaten yang menjadi ujicoba program KIA dari Kemendagri.

Advertisement

Direktur Pendaftaran Penduduk, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kemendagri Drajat Wisnu Setiawan mengatakan, terus mendorong pemberlakuan KIA di seluruh kabupaten dan kota. ”Dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Pemerintah Pusat telah memberikan stimulan berupa blangko dan juga sosialisasi, supaya pemerintah kabupaten segera melaksanakan program KIA,” kata dia saat datang ke Gunungkidul beberapa waktu lalu.

Baca juga : Iming-iming Diskon Wisata Gunungkidul Bagi Pemegang KIA

Stimulan dalam bentuk blangko yang diberikan kepada setiap kabupaten atau kota jumlahnya berbeda-beda. Hal itu disesuaikan dengan prosentase akte kelahiran di setiap kabupaten atau kota tersebut. Dari 20% sampai 30% anak yang telah memiliki akte kelahiran maka akan diberikan blangko KIA.

Advertisement

“Termasuk seperti di Gunungkidul, dari 186.000 yang telah diterbitkan akte kelahiranya, kami hanya memberikan 20.000 blangko. Jadi memang tidak banyak karena harus merata di seluruh Indonesia,” kata Drajat.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif