Edinson Cavani (JIBI/REUTERS/Stephane Mahe)
Senin, 6 November 2017 14:25 WIB Chrisna Chanis Cara/JIBI/Solopos Prancis Share :

LIGA PRANCIS
Cavani Enggan Jadi Legenda PSG

Liga Prancis menyajikan Edinson Cavani yang subur bersama PSG.

Solopos.com, ANGERS — Dua gol yang dicetak Edinson Cavani saat Paris Saint Germain (PSG) membenamkan Angers 5-0 membawa dirinya menembus tiga digit gol di Ligue 1 Prancis. Dengan torehan 101 gol, Cavani kini tinggal berjarak 12 gol dengan Zlatan Ibrahimovic sebagai pemain tersubur PSG di Ligue 1.

Saat bertanding di Stade Raymond Kopa, Sabtu (4/11/2017) malam WIB, Cavani mencetak sepasang gol meski hanya bermain 73 menit. Itu menjadi gol ke-100 dan ke-101-nya di Ligue 1 setelah menjalani 144 penampilan bersama PSG mulai 2013. Selain mendekati rekor Ibra, striker Uruguay ini menjadi pemain tercepat kelima yang menembus 100 gol di Ligue 1.

Cavani menolak capaian pribadinya terlalu dibesar-besarkan ketimbang prestasi klub. Penyerang yang musim ini menjadi top skorer sementara Ligue 1 bersama Radael Falcao dengan 13 gol itu bahkan menolak disebut legenda PSG. Dia mengaku hanya mencoba memberikan yang terbaik saat bermain bagi Les Parisiens.

“Saya tidak bermain untuk menjadi legenda. Saya bermain untuk kesenangan dan gairah sebagai pemain sepak bola,” ujarnya seperti dilansir Soccerway.

Torehan tiga digit gol sebenarnya bukan hal baru bagi Cavani. Saat tampil di Seri-A bersama Palermo dan Napoli, striker 30 tahun ini total telah mencetak 112 gol. Alhasil Cavani menjadi pemain ketiga yang mampu mencetak 100 gol pada dua kompetisi papan atas Eropa dalam 20 tahun terakhir. Sebelumnya, torehan serupa pernah dicatatkan oleh Ibrahimovic dan Gonzalo Higuain.

Pelatih PSG, Unai Emery, tak menyoal pernyataan Cavani yang enggan menjadi legenda PSG. Bagi Emery, Cavani hanya perlu terus mencetak gol bagi Les Parisiens. “Yang penting bagi seorang striker adalah punya peluang dan mencetak gol. Saya tahu striker PSG bisa mencetak gol jika punya peluang,” ucap Emery.

Dari 100 gol yang dicetak Cavani di Ligue 1, kaki kanannya sangat berbahaya. Cavani mencetak 64 gol dengan kaki andalannya itu. Sementara Cavani mencetak 20 gol dengan kaki kirinya, 14 gol dengan kepala, dan dua gol dari anggota tubuh lainnya.

lowongan pekerjaan
Toko Cat Warna Abadi (WAWAWA), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Pemerataan Kesejahteraan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (24/10/2017). Esai ini karya Anton A. Setyawan, Doktor Ilmu Manajemen dan dosen di Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah anton.setyawan@ums.ac.id. Solopos.com, SOLO — Tanggal 20 Oktober…