News
Senin, 6 November 2017 - 06:10 WIB

KISAH UNIK : Under, Restoran Bawah Air Pertama Eropa

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tampilan ruang makan Restoran Under (Snohetta)

Restoran bawah air pertama di Eropa akan dinamai Under.

Solopos.com, BALY – Sebuah kota di pojok selatan Norwegia, Baly, akan menjadi lokasi restoran bawah laut pertama di Eropa. Diberi nama Under, separuh bangunan restoran akan berada di bawah air, dan separuh lainnya seperti bersandar di tepi pantai. Restoran tersebut rencananya akan dibuka tahun 2019.

Advertisement

Ilustrasi tampilan depan Restoran Under (Snohetta)

Restoran bernama under ini dibuat oleh perusahaan arsitektur asal Norwegia bernama Snohetta. Berdasarkan laman resmi Snohetta, Under mulai dibangun tahun ini dengan target selesai awal 2019.  Restoran ini akan memiliki luas 600 meter persegi.

Dari segi nama, pemilihan nama Under memiliki arti khusus di bahasa Norwegia, kata tersebut berarti sesuatu yang menakjubkan. Nantinya separuh bangunan Under akan tenggelam di bawah air laut. Ujung restoran akan di kedalaman lima meter. Untuk menahan kondisi cuaca laut yang berubah-ubah, tembok Under akan dibuat dengan ketebalan satu meter.

Advertisement

Tembok Under dibuat khusus agar bisa menjadi karang buatan. Desainnya dicocokan dengan bentuk geografis bawah laut tempat pembangunan dan menyesuaikan kecenderungan bertempat tinggal flora fauna di bawah laut tempat pembangunan.

Under akan dibuat dalam tiga lantai. Pintu masuk yang juga lantai pertama berisi lobi dan area pameran busana. Lantai satu adalah satu-satunya lantai yang berada di atas air. Pengunjung kemudian bisa memasuki lantai sampanye. Di ruang sampanye pengunjung sudah bisa melihat kondisi bawah laut dari kaca-kaca yang ada. Kemudian ruang ketiga atau ruang utama adalah ruang makan. Di ruang makan pengunjung bisa mengamati suasana bawah laut dengan jelas melalui kaca seluas 10 meter.

Tak hanya memanjakan perut dan mata, selama perjalanan menuju ruang makan, pengunjung Under akan diberikan berbagai informasi mengenai kekayaan bawah laut, terutama kondisi di laut Norwegia.

Advertisement

Saat dibuka nanti, Under diklaim bisa memuat 80 hingga 100 tamu. Hingga kabar pembangunanya diungkap belum ada berita resmi mengenai menu yang akan disediakan restoran bawah air pertama di Eropa itu.

 

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif