Sepeda motor tua menjadi salah satu pelengkap dekorasi Graha Saba Buana. (Istimewa/Media Center) Sepeda motor tua menjadi salah satu pelengkap dekorasi Graha Saba Buana. (Istimewa/Media Center)
Senin, 6 November 2017 22:35 WIB Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos Peristiwa Share :

JOKOWI MANTU
Skuter Tua Mejeng di Photobooth Resepsi Kahiyang-Bobby

Salah satu photobooth yang disediakan di resepsi pernikahan Kahiyang-Bobby menyajikan pemandangan skuter tua.

Solopos.com, SOLO — Skuter tua warna silver terparkir di kompleks Gedung Graha Saba Buana, Sumber, Solo, yang menjadi lokasi resepsi pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu, dengan Muhammad Bobby Afif Nasution.

Skuter tua merek Lambretta yang banyak diburu kolektor itu menjadi bagian dari dekorasi photobooth yang disediakan untuk para tamu yang ingin berfoto. Tidak diketahui siapa pemilik skuter tua tersebut. (Baca: Foto-Foto Persiapan Akhir Pernikahan Kahiyang-Bobby)

Tim dari Asmoro Decoration yang kebagian mengerjakan dekorasi di halaman Graha Saba Buana memang mengangkat konsep kuno antik untuk dekorasi pernikahan Kahiyang-Bobby. Ada dua photobooth dalam satu lokasi dengan posisi saling membelakangi menghadap barat dan timur.

Selain motor tua itu, beberapa properti yang digunakan Asmoro Decoration dalam pembuatan photobooth acara pernikahan Kahiyang dan Bobby, antara lain gebyok kuno dengan ukuran 4,5 meter (m) x 2,75 m, lampu jawa gantung, meja marmer, kursi rotan, meja bundar kaki tiga, hingga aksesori berupa wayang kulit tokoh Kamajaya-Kamaratih dan patung loro blonyo.

Tidak ketinggalan dalam photobooth tersebut juga terdampat foto kedua mempelai yang terpasang dalam bingkai stereofom berbentuk oval serta frame oval tembaga yang menunjukkan inisial nama kedua pengantin. (Baca: Ini Jadwal dan Rangkaian Acara Pernikahan Kahiyang-Bobby)

Selain dua set photobooth, tim dari Asmoro Decoration pada Senin (6/11/2017) pukul 07.00 WIB juga mulai mendekor bagian lain yang terdapat di dalam gedung Graha Saba Buana. Beberapa bagian yang didekor oleh mereka saat itu, antara lain area panggung utama atau pelaminan, area keluarga, dua set area tamu VIP, area tamu umum, area panggung gamelan, area panggung mini gamelan, hingga stan-stan makanan. Terdapat juga sebuah gapura dengan desain kuno yang dipasang di tengah jalur masuk di antara kursi tamu.

Panggung utama ditata di bagian depan atau sisi timur hall menghadap barat. Sementara kursi tamu dibuat menghadap ke arah panggung atau timur. Area gamelan ditata di sisi kiri atau utara hall dan area stan makanan ditata di bagian belakang hall stau sisi barat.

Beberapa stan makanan telah tertata di dalam Graha Saba Buana lengkap dengan keterangan menu makanannya, antara lain kuliner kambing guling dan setup makaroni. Di utara stan-stan kuliner itu, terdapat stan dengan bentuk lain yang lebih semarak dan modern. Stan itu untuk menyajikan kuliner markobar.

Saat ditemui Solopos.com di sela-sela mengawasi tim mendekor Graha Saba Buana, pemilik Asmoro Decoration, Ranu Asmoro, mengatakan timnya bekerja keras menyelesaikan dekorasi agar bisa selesai sesuai target, Selasa (7/11/2017). Asmoro Decoration tidak bisa mendekor sejak jauh hari karena Graha Saba Buana masih dipakai orang lain hingga Minggu (5/11/2017) lalu. (Baca: Begini Rencana Malam Midodareni Pernikahan Kahiyang Ayu)

Asmoro Decoration sebelumnya juga dipercaya keluarga Presiden untuk mendekor Graha Saba Buana untuk pernikahan putra sulung Presiden, Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda pada Juni 2015. Ranu menyampaikan tidak banyak yang diminta Gibran Rakabuming Raka soal perlengkapan dekorasi untuk acara pernikahan Kahiyang Ayu.

“Dari beliau [Gibran] enggak banyak request, tapi kami tetap mencoba memberikan yang terbaik,” kata Ranu.

Ranu awal mula mengenal Gibran karena bekerja sama dengan Chillipari wedding organizer milik Gibran. Asmoro Decoration bahkan telah menjalin kerja sama dengan Chilli Pari sejak Chillipari berdiri. Pria kelahiran 1982 tersebut menceritakan sudah empat bulan lebih Asmoro Decoration menyusun konsep desain dekorasi lokasi acara pernikahan Kahiyang dengan Bobby Nasution.

Dalam penyusunan desian dekorasi tersebut, Ranu aktif mengajak koordinasi Gibran. Dia menyebut desain dekorasi kini telah fix dan disetujui Gibran. Konsep dekorasi acara pernikahan Kahiyang dibuat Jawa klasik.

Ranu membeberkan gambaran desain dekorasi yang bakal digunakan untuk acara pernikahan Kahiyang, yakni bagian gebyok dibikin kolaborasi warna putih dan merah marun serta ditambah unsur wayang agar kelihatan lebih bernuansa Jawa. Ruangan Graha Saba Buana juga akan dilengkapi banyak hiasan dari bahan bunga dari berbagai jenis, seperti casablanca, anggrek, mawar, hingga sedap malam.

Di teras Graha Saba Buana juga akan dipasang tenda-tenda, tidak seperti saat pernikahan Gibran dengan Selvi Ananda pada 2015 lalu. “Yang diminta Mas Gibran malah sederhana. Speknya mungkin banyak tapi tidak berlebihan. Dekorasi pokoknya nanti kami buat spesial. Ide harus ada, beda dengan acara pernikahan lain. Kami merasa bangga telah dipercaya lagi untuk mendekor acara pernikahan keluarga Presiden. Jadi semuanya kami bikin ekstra mulai dari desian sampai spek. Kami berupaya kasih yang terbaik,” jelas Ranu.

 

lowongan pekerjaan
PT.Astra International tbk, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Pemerataan Kesejahteraan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (24/10/2017). Esai ini karya Anton A. Setyawan, Doktor Ilmu Manajemen dan dosen di Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah anton.setyawan@ums.ac.id. Solopos.com, SOLO — Tanggal 20 Oktober…