Karangan bunga untuk pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution berjajar di sepanjang Jl. Letjen Suprapto sekitar Graha Sabha Buana, Solo, Senin (6/11/2017). (Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/Solopos) Karangan bunga untuk pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution berjajar di sepanjang Jl. Letjen Suprapto sekitar Graha Saba Buana, Solo, Senin (6/11/2017). (Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/Solopos)
Senin, 6 November 2017 16:35 WIB Indah Septiyaning W./JIBI/Solopos Solo Share :

JOKOWI MANTU
3 ICU Mini Siap Layani Tamu Resepsi Kahiyang, Ini Lokasinya

Ratusan tenaga medis dan tiga ICU disiapkan untuk melayani tamu resepsi pernikahan Kahiyang-Bobby.

Solopos.com, SOLO — Ratusan tenaga medis dan paramedis hingga pelayanan ruang Intensive Care Unit (ICU) mini disiagakan selama prosesi pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu, dengan Muhammad Bobby Afif Nasution.

Layanan ICU mini disiapkan di tiga lokasi, yakni Hotel Alila, Graha Saba Buana, serta Hotel Prasasti (depan Graha Saba Buana). Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo Siti Wahyuningsih yang akrab disapa Ning ketika dijumpai wartawan di Balai Kota, Senin (6/11/2017). (Baca: Ribuan Sukarelawan Projo ke Solo untuk Jagong Kahiyang-Bobby)

“Posko kesehatan mulai dibangun hari ini [Senin] sampai Rabu [8/11/2017] malam di lapangan Banyuanyar, Lapangan Sumber, Manahan, lingkungan kawasan Graha Saba Buana,” kata dia.

Terdapat puluhan tim petugas kesehatan yang dikerahkan selama prosesi pernikahan Kahiyang-Bobby. Masing-masing tim ini terdiri atas dokter, perawat, dan asisten perawat yang disebar di posko kesehatan.

Ning mengatakan semua tim dilengkapi obat-obatan dan mobil ambulans. Mereka merupakan petugas kesehatan di 17 puskesmas Kota Solo. Selain itu DKK juga bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Moewardi Solo serta seluruh rumah sakit di Kota Bengawan. (Baca: Hotel-Hotel Dibanjiri Tamu VIP, Siapa Saja?)

“Layanan ruang ICU mini juga disiapkan di tiga lokasi, yakni Hotel Alila, Graha Saba Buana, dan Hotel Prasasti depan Graha Saba Buana,” katanya.

Ning menambahkan posko pelayanan ruang ICU mini dibuka mulai Senin sampai Kamis (9/11/2017), kecuali di Hotel Alila yang sudah dibuka sejak Minggu (5/11/2017). ICU mini itu dijaga dokter spesialis jantung, penyakit dalam, bedah, dan anastesi, serta perawat.

Mereka akan memberikan tindakan cepat jika menerima pasien yang mengalami kondisi kegawatdaruratan. “Seluruh petugas kesehatan diterjunkan full team selama 24 jam karena pesta pernikahan melibatkan ribuan orang, termasuk akan dihadiri ribuan sukarelawan,” katanya.

Kendati petugas kesehatan di puskesmas diterjunkan dalam hajatan pernikahan putri Presiden, dia memastikan pelayanan kesehatan di wilayah tidak akan terganggu. Dia mengatakan pelayanan puskesmas tetap buka seperti biasanya. “Dokternya ada, perawatnya juga ada. Jadi tidak perlu khawatir,” kata dia.

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan Pemkot Solo akan mengerahkan ratusan petugas kebersihan serta petugas perlindungan masyarakat (linmas) selama hajatan pernikahan Kahiyang-Bobby. Para petugas ini telah diberi ID card khusus yang dikeluarkan pasukan pengaman presiden (paspampres). Mereka sebelumnya sudah diberikan pengarahan tentang teknis kegiatan. (Baca: 3 Kantong Parkir Dilengapi Toilet Portabel untuk Tamu Kahiyang)

“Petugas kebersihan dikerahkan dengan membawa kantong plastik, serok, dan sapu,” katanya.

Para petugas kebersihan disebar di beberapa lokasi di area dalam dan luar gedung serta Jl. Letjen Suprapto. Tak hanya petugas kebersihan, Rudy juga mengerahkan seluruh road sweeper truk sampah. Selain petugas kebersihan, Pemkot juga mengerahkan puluhan anggota Linmas. Mereka dikerahkan untuk menata karangan bunga ucapan selama pernikahan Kahiyang dan Bobby.

“Kami juga menyiapkan 50 pengemudi becak sebagai shuttle [kendaraan pengumpan] dari lokasi parkir sampai ke gedung pernikahan. Mereka sudah kami beri seragam dan siap mengantarkan tamu undangan,” katanya.

Rudy mengatakan secara umum persiapan Pemkot dalam hajatan pernikahan Kahiyang-Bobby telah mencapai 100%, termasuk persiapan rekayasa lalu lintas. Tiga kantong parkir tamu undangan telah disiapkan, yakni Stadion Manahan, Lapangan Sumber, dan Lapangan Banyuanyar. Masing-masing lokasi tersebut dilengkapi toilet portable serta petugas penjaga kebersihan.

 

lowongan pekerjaan
PT.BPR DANA UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Pemerataan Kesejahteraan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (24/10/2017). Esai ini karya Anton A. Setyawan, Doktor Ilmu Manajemen dan dosen di Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah anton.setyawan@ums.ac.id. Solopos.com, SOLO — Tanggal 20 Oktober…