Ilustrasi makan sendirian (Popsugar.com) Ilustrasi makan sendirian (Popsugar.com)
Senin, 6 November 2017 13:30 WIB Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com Kesehatan Share :

HASIL PENELITIAN
Awas! Makan Sendirian Bikin Cepat Gemuk

Hasil penelitian kali ini tentang dampak buruk makan sendirian yang membuat seseorang gemuk.

Solopos.com, SOLO – Manusia adalah makhluk sosial. Itulah sebabnya seseorang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Terbukti, seseorang akan merasa sangat stres saat kesepian. Selain itu, kesepian ternyata berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh.

Dilansir Boldsky, Minggu (5/11/2017), kesepian meningkatkan risiko obesitas. Menurut hasil penelitian yang dilakukan tim medis Rumah Sakit Ilsan, University of Dongguk, Seoul, Kora Selatan, kesepian membuat seseorang terkena sindrom metabolik. Istilah ini dipakai untuk menyebut mereka yang mengalami tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolesterol.

Periset meneliti sekitar 7.725 orang dewasa yang makan sendirian. Hasil penelitian itu menyebutkan makan sendirian meningkatkan risiko obesitas sebanyak 45 persen dan 64 persen terkena sindrom metabolik. Periset juga menyebut pria yang makan sendiri dua kali lebih mudah terserang penyakit daripada wanita.

Hasil penelitian ini telah diterbitkan dalam jurnal Obsity Research and Clinical practice. Hasilnya, seseorang yang kesepian dan mengalami gangguan mental bakal makan lebih banyak sebagai pelarian. Kondisi ini akan semakin parah jika dia makan sendirian. Sebab, tidak akan ada orang yang mengontrol, sehingga dia merasa bebas melahap apapun yang tersaji di depannya. Jika dibiarkan, kondisi ini akan menimbulkan masalah pada kesehatan.

lowongan pekerjaan
SUMBER BARU REJEKI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Darmanto Jatman Bercerita Jawa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (15/01/2018). Esai ini karya Bandung Mawardi, seorang kritikus sastra. Alamat e-mail penulis adalah bandungmawardi@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Rumah dalam pemahaman peradaban Jawa adalah ruang hidup untuk menjadikan manusia ada dan berada. Pemahaman itu menunjukkan konstruksi…