HARIANJOGJA/GIGIH M. HANAFI Veteran beserta TNI serta pelajar mengikuti upacara peringatan hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan,Jl. Kusumanegara, Jogja Senin (10/11). Upacara Ziarah Nasional tersebut digelar dalam rangka peringatan Hari Pahlawan 10 November.
Senin, 6 November 2017 06:20 WIB Sunartono/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Duh, Veteran Dianggap Kelompok Tidak Strategis

Veteran sering dinilai bukan prioritas untuk bantuan khusus

Solopos.com, JOGJA-Veteran sering dianggap sebagai kelompok yang tidak strategis. Oleh karena itu, bantuan khusus tidak menjadi prioritas untuk diberikan kepada mereka.

Kepala Departemen Sejarah UGM Margana mengatakan, parahnya tidak ada komunitas atau LSM yang secara khusus memiliki perhatian terhadap veteran. “Saya jarang mendengar ada veteran diadvokasi oleh kelompok atau LSM. Padahal harusnya layaknya diberi advokasi, dianggap tidak strategis,” ujar dia, Jumat (3/11/2017).

Baca juga : Perhatian kepada veteran baru sebatas simbolis

Ia menambahkan, pemerintah perlu memberikan program padat karya kepada para veteran. Namun, program itu tidak menguras fisik veteran untuk menjalaninya. Nantinya, veteran bisa mendapatkan permodalan kemudian bisa menjalankan usaha meski dengan
terbatas. Ia meyakini, veteran sejatinya ingin mandiri, tetapi terganjal oleh permodalan dan kediaman para veteran yang tidak tersentralisasi di satu tempat tertentu.

“Ada veteran yang masih memelihara ternak, ada yang menjahit, seharusnya mereka diperhatikan. Kalau di India itu dipadatkaryakan sehingga bisa maju. Tetapi sebelum program dijalankan harus ada survei,” ucap dia.

LOKER SOLO
Siapa Mau Kerja di Dealer ASTRA, Cek Syaratnya di Sini, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…