Jogja
Senin, 6 November 2017 - 08:55 WIB

Asyik, Pemegang KIA di Gunungkidul Bakal Dapat Diskon Wisata

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kartu Identitas Anak (KIA). (JIBI/Solopos/Antara/Budiyanto)

Pemegang KIA di Gunungkidul diwacanakan dapat diskon wisata

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Kartu Idenitas Anak (KIA), selain menjadi tanda pengenal yang sah, diharapkan nantinya memiliki manfaat ganda. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul mewacanakan pemberian diskon kunjungan wisata bagi pemegang KIA.

Advertisement

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Gunungkidul Eko Subiantoro mengatakan, fungsi KIA, selain sebagai tanda pengenal, ke depan diwacanakan ada manfaat lebih. Oleh sebab itu, saat ini pihaknya bersama dengan Pemda DIY tengah berembuk untuk membuat payung hukum melalui peraturan gebernur maupun peraturan bupati terkait hal itu.

“Jadi, nanti manfaat lebih dari KIA bisa berupa diskon pembelian buku di Gramedia atau masuk ke objek wisata juga mendapatkan potongan biaya,” katanya kepada wartawan Minggu (5/11/2017).

Oleh sebab itu, pihaknya pun mendorong agar seluruh anak dari usia 0 hingga 17 tahun dapat memiliki KIA. Terlebih prosedur kepengurusan KIA menurut dia cukup mudah. Sebab, untuk membuat KIA bisa langsung ke kantor kecamatan cukup membawa Kartu Keluarga (KK) dan KTP kedua orang tua serta akta kelahiran.

Advertisement

Lanjutnya lagi, Gunungkidul sebagai salah satu kabupaten yang menjadi ujicoba program KIA dari Kemendagri kini sudah mampu mencetak 12.000 keping KIA. “Penerbitan dan pencetakan KIA sudah dilakukan sejak September lalu. Dari target 30.000 keping, sudah sudah dicetak sebanyak 12.000 keping,” terangnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif