Jogja
Senin, 6 November 2017 - 22:20 WIB

114 Veteran Gunungkidul Rutin Dapatkan Santunan, yang Belum Dapat, Lapor!

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Sedikitnya 114 veteran telah mendapatkan santunan dari pemerintah

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Sedikitnya 114 veteran di Gunungkidul telah mendapatkan santunan dari pemerintah. Mereka pun rutin mendapatkan santunan yang nilainya mencapai Rp1,4 juta hingga Rp2 juta per bulan.

Advertisement

Kepala Kantor Administrasi Veteran Gunungkidul Mayor Inf Wahyudi Hutomo mengatakan, hingga saat ini ada 114 veteran yang rutin mendapatkan santunan berupa uang pensiun dari pemerintah. Untuk besaran pensiunan berbeda-beda karena nominal disesuaikan dengan golongan yang dimiliki.

Sebagai gambaran, lanjut Wahyudi, untuk veteran dengan golongan dasar, setiap bulan rutin mendapatkan santunan sebesar Rp1,45 juta yang merupakan akumulasi dari tunjangan kehormatan dan uang pensiun. Sedang untuk veteran dengan golongan E mendapatkan tunjangan mencapai Rp2 juta.

“Jadi untuk jumlah santunan yang diberkan tidak sama karena disesuaikan dengan pangkat yang diraih oleh masing-masing veteran,” katanya kepada Harianjogja.com, Jumat (3/11/2017).

Advertisement

Menurut dia, meski sudah ada veteran yang sudah mendapatkan santunan, namun hingga sekarang juga masih ada pejuang yang luput perhatian dari pemerintah. Sebagai contoh, Kantor Administrasi Veteran masih memperjuangkan santunan untuk empat orang veteran.

“Jadi kemungkinan veteran yang belum mendapatkan santunan masih ada. Untuk itu, kami akan terus melakukan pendataan,” ujarnya.

Wahyudi pun berharap kepada masyarakat yang anggota keluarganya ikut menjadi tentara veteran segera melapor. Sebab, laporan ini dibutuhkan sebagai cara untuk memberikan santunan.

Advertisement

“Memang ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Tapi dengan laporan itu, maka kami semakin mudah untuk memperjuangkan agar veteran yang belum mendapatkan santunan dapat memperoleh hak tersebut,” katanya lagi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif