Ilustrasi bersepeda (Pictagram) Ilustrasi bersepeda (Pictagram)
Minggu, 5 November 2017 19:10 WIB Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com Kesehatan Share :

TIPS DIET
Bersepeda Vs Ngegym, Mana yang Lebih Efektif Bakar Lemak?

Tips diet kali ini tentang bersepeda yang lebih efektif untuk membakar lemak daripada ngegym.

Solopos.com, SOLO – Selama ini, banyak orang berpikir berolahraga di pusat kebugaran merupakan cara paling ampuh menurunkan bobot tubuh. Tidak salah memang, olahraga merupakan salah satu cara cepat, tepat, dan sehat, yang wajib dilakukan pelaku diet. Tapi, ternyata berolahraga di pusat kebugaran tidak terlalu efektif membakar lemak, kok bisa?

Dilansir Boldsky, Sabtu (4/11/2017), hasil penelitian yang dilakukan periset di University of Copenhagen, Denmark, menyebutkan, bersepeda jauh lebih efektif menurunkan bobot tubuh daripada berolahraga selama satu jam di pusat kebugaran. Hasil penelitian terbaru ini didapat setelah periset melakukan uji coba kepada 130 orang yang memiliki berat tubuh berlebih.

Periset membagi 130 orang itu menjadi empat kelompok. Kelompok pertama diminta bersepeda setiap hari dari rumah ke tempat kerja yang berjarak sekitar lima kilometer. Kelompok kedua diminta melakukan olahraga berat di pusat kebugaran lima kali dalam sepekan selama satu jam. Sama seperti yang kedua, kelompok ketiga diminta melakukan olahraga ringan lima kali sepekan. Sementara kelompok terakhir dibiarkan melakukan aktivitas seperti biasa.

Penelitian ini dilakukan dalam waktu 30 hari. Hasilnya, rata-rata bobot tubuh anggota kelompok pertama turun sekitar empat kilogram. Sementara anggota kelompok kedua berkurang dua kilogram. Sementara anggota kelompok ketiga bobot mereka berkurang sekitar satu kilogram. Sedangkan anggota kelompok terakhir tidak mengalami perubahan apapun.

Penelitian ini membuktikan bahwa bersepeda ke kantor setiap hari sangat ampuh menurunkan bobot tubuh. Nah, berdasarkan hasil penelitian itu, Anda yang sedang diet sebaiknya lebih banyak meluangkan waktu untuk bersepeda. Tak perlu saat hendak ke kantor, Anda bisa bersepeda di pagi hari sembari menghirup udara segar.

lowongan pekerjaan
PT.BPR DANA UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Televisi Kita Bersengkarut

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (31/10/2017). Esai ini karya Abraham Zakky Zulhazmi, pengajar di Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah abrahamzakky@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Program Rumah Uya sukses menyabet predikat talkshow terfavorit dalam…