Aqua Dwipayana. (Harian Jogj/Nugroho Nurcahyo) Aqua Dwipayana. (Harian Jogj/Nugroho Nurcahyo)
Minggu, 5 November 2017 11:20 WIB Maya Arina Pramudita/JIBI/Harian Jogja Tokoh Share :

SOSOK INSPIRATIF
Aqua Dwipayana Dedikasikan 90% Hidup untuk Kegiatan Sosial

Kisah inspiratif Aqua Dwipayana, seorang motivator  sukses di Indonesia

Solopos.com, JOGJA-Aqua Dwipayana, 47, melewati perjalanan panjang menjadi seorang motivator sukses di Indonesia. Ia menjalin silaturahmi dengan banyak orang dan menjaganya hingga sekarang. Kini apa yang dilakukannya bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Pria yang kerap disapa Aqua ini selalu mengembangkan senyum dan bersikap ramah, pasti dirasakan oleh setiap orang yang menjumpainya. Hal itu juga yang tampak saat Harian Jogja menjumpainya pekan lalu.

Memiliki latar belakang sebagai wartawan, membuat Aqua terbiasa tidak membangun sekat-sekat dalam sebuah hubungan silaturahmi. Dalam buku yang ia ditulis The Power Of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi, dengan penuh rasa syukur Aqua mengatakan pernah menjadi wartawan membuat dirinya dapat bergaul dengan siapa pun, dari rakyat jelata hingga penguasa.

“Setiap orang adalah guru, kita pasti bisa belajar dari orang lain dan sebaliknya,” ujarnya kepada Harian Jogja.

Dalam setiap hubungan silaturahmi yang dilakukan, ada beberapa hal yang menjadi kunci bagi Aqua yaitu memiliki komitmen, peduli dan mendoakan sesama. “Intinya sebenarnya adalah menghargai orang lain, bukan memikirkan apa yang akan saya dapat tapi memikirkan apa yang bisa saya berikan, dengan begitu hubungan yang baik akan terjalin,” ujar Aqua.

Bagi Aqua sebuah keakraban yang baik dibangun bukan berlandaskan jabatan namun rasa saling menghargai itu sendiri. Tidak hanya menghargai orang lain, setiap orang pun didorong Aqua untuk bisa menghargai diri sendiri karena ia berprinsip bahwa siapa saja layak menjadi besar.

Melalui praktik langsung dan pengalaman yang telah dilalui, silaturahmi dibuktikan Aqua menjadi salah satu bentuk komunikasi yang efektif dalam menjalin hubungan dengan personal, perusahaan, media massa dan lain sebagainya.

Aqua bercerita, dalam salah satu kegiatan motivasi yang dilakukan di Korea Selatan belum lama ini, ia menerapkan metode sharing ketika menyampaikan pesan-pesan kepada para audience. Sharing yang dilakukan membuat komunikasi berjalan secara sejajar antara Aqua dan pendengar. “Mengembangkan jaringan menjadi salah satu nilai yang saya sampaikan ketika saya menjadi motivator di Korea Selatan kemarin [belum lama ini],” ujar Aqua.

Aqua mengatakan dengan kekuatan silaturahmi yang dimiliki, tak jarang ia menemui keajaiban-keajaiban dalam hidupnya. Salah satunya ketika ia membutuhkan pertolongan saat ketinggalan pesawat. “Melalui silaturahmi saya mendapatkan bantuan yang rasanya tidak mungkin saya dapat, jika saya tidak memiliki hubungan yang baik,” ujar Aqua.

Melalui silaturahmi pula, Aqua membagikan kebahagiaan dengan memberangkatkan 35 rekannya untuk pergi beribadah umrah. Keberangkatan umrah didanai dari royalti buku The Power Of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi.

“Saya sudah berniat dari awal bahwa melalui royalti buku ini akan memberangkatkan 10 orang, tapi sering berjalannya waktu ada 35 orang yang bisa diberangkatkan,” ujar Aqua.

Dari 35 orang itu, menurut Aqua, ada dua kriteria yaitu orang-orang yang telah berjasa bagi keluarganya dan orang-orang yang memiliki dedikasi pada aktivitas keagamaan. Bagi Aqua, silaturahim dan membantu sesama merupakan kegiatan yang dijalani sehari-hari. Tak heran jika Aqua kini mendedikasikan 90% aktivitasnya untuk kegiatan sosial.

“Ini semua merupakan bentuk ucapan syukur kepada Tuhan atas nikmat yang telah diberikan-Nya,” kata Aqua.

Kini Aqua telah menjadi motivator nasional. Berbagai perusahaan besar, BUMN, perbankan sering menggunakan jasa Aqua untuk sharing tentang komunikasi dan juga memotivasi para karyawan. Tak tanggung-tanggung, untuk mendatangkan Aqua tarifnya Rp60 juta per dua jam dan harus dibayar H-2. Itu belum termasuk tiket pesawat dan hotel minimal bintang empat.

Sharing untuk anggota TNI dan Polri gratis. Bahkan saya akan datang sendiri tanpa harus disiapkan tiket. Ini komitmen saya, kata Aqua.

lowongan pekerjaan
Toko Cat Warna Abadi (WAWAWA), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Televisi Kita Bersengkarut

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (31/10/2017). Esai ini karya Abraham Zakky Zulhazmi, pengajar di Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah abrahamzakky@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Program Rumah Uya sukses menyabet predikat talkshow terfavorit dalam…