Jogja
Minggu, 5 November 2017 - 06:20 WIB

Sleman Gencarkan Dana Desa untuk Perpustakaan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Perpustakaan desa (Hanifah Kusumastuti/JIBI/SOLOPOS)

Pemkab Sleman berupaya menggenjot penggunaan Dana Desa untuk pengembangan perpustakaan desa

Harianjogja.com, SLEMAN-Pemkab Sleman berupaya menggenjot penggunaan dana desa untuk pengembangan perpustakaan desa. Saat ini, setidaknya hanya ada 12 dari 86 perpustakaan desa yang dinilai tertata baik.

Advertisement

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sleman, Ayu Laksmi Dewi mengatakan pihaknya sedang bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat desa untuk sosialisasi penggunaan dana desa bagi untuk pengembangan perpustakaan.

Hal ini menurutnya sesuai dengan instruksi presiden untuk juga mengalokasi dana tersebut bagi perpusatakaan selain infrastrktur lainnya. “Kurang ada keberanian mengalokasikan dana desa ke perpustakaan, karena dianggap kurang penting,” katanya, Jumat (3/11/2017).

Ia menyayangkan hal ini karena seluruh desa di Sleman saat ini sebenarnya sudah dilengkapi dengan perpustakaan. Namun, memang kondisinya banyak yang belum sesuai standar dan sekedarnya.

Advertisement

Perpusatkaan yang berada dalam kondisi baik dikatakan hanya segelintir sedangkan baru 12 yang benar-benar tertata. Karena itu, kepala desa juga sebenarnya wajib mengutamakan pengembangannya termasuk dengan mengalokasikan anggaran dana desa.

Menurutnya, ada sejumlah kendala pengembangan perpustakaan maupun kegemaran membaca. Salah satunya ialah kebiasanaan membaca masyarakat yang masih sangat rendah dan harus terus digenjot.

Selain itu, masyarakat saat ini lebih tertarik dengan gawai elektronik dibandingkan buku. Untuk mengakomodir keberadaan gawai ini, Ayu mengatakan pemerintah daerah sudah menyiapkan ebook yang jumlahnya sudah cukup banyak.

Advertisement

Bupati Sleman, Sri Purnomo sebelumnya mengatakan jika membaca yang merupakan cara mendapatkan informasi tidak lantas membuat masyarakat gemar membaca. Karena itu, butuh upaya untuk membuat masyarakat gemar membaca mulai dari lingkup keluarga hingga sekola.

Pemerintah daerah saat ini sedang mengembangkan kemudahan akses informasi masyarakat terhadap koleksi perpusatkaan daerah Sleman dengan cepat dan akurat melalui ebook.

Setidaknya kini ada 659 judul koleksi perpustakaan yang sudah dijadikan ebook dari total 36.949 judul. Sedangkan untuk koleksi fisiknya sudah mencapai 65.835 eksemplar dari judul yang sama.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif