Jogja
Minggu, 5 November 2017 - 19:20 WIB

Rumah di Gunungkidul Dilalap Api Saat Ditinggal ke Jakarta

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Polisi menunjukkan bekas instalasi listrik yang diduga menjadi sumber api hingga menyebabkan kebakaran di rumah Siswanto warga Dusun Ngalang, Desa Ngalang Kecamatan Gedangsari, Minggu (5/11/2017). (Ist/ Polsek Gedangsari)

Diduga kebakaran disebabkan adanya korsleting arus listrik

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sebuah rumah di Dusun Ngalang, Desa Ngalang Kecamatan Gedangsari terbakar saat sedang ditinggal penghuninya ke luar kota. Diduga kebakaran disebabkan adanya korsleting arus listrik.

Advertisement

Kapolsek Gedangsari AKP Edy Purnomo menjelaskan, kebakaran terjadi di sebuah rumah milik Siswanto pada Minggu (5/11/2017) sekitar pukul 02.00 WIB. Saat kebakaran terjadi, rumah dalam kondisi kosong karena Siswanto beserta keluarganya sedang berada di Jakarta. “Sumber api diduga berasal dari konrsleting arus listrik,” kata dia, Minggu.

Kebakaran mulanya diketahui kakak Siswanto, Sudarti yang tinggal tidak jauh dari lokasi terjadinya kebakaran. Dia mendengar adanya suara gemuruh dan kayu terbakar, saat keluar rumah Sudarti sudah melihat api melalap sebagian bangunan rumah milik adiknya.

Mengetahui kejadian itu Sudarti lantas membangunkan keluarga dan berteriak minta tolong. Tak lama berselang warga berdatangan. “Pemadaman dilakukan manual dengan alat seadaanya oleh warga sekitar,” kata Edy.

Advertisement

Meskipun dengan alat seadaanya kepungan api dapat dipadampakan sekitar 40 menit kemudian. Akibat kejadian itu, sejumlah perabot rumah tangga hangus terbakar, sementara 30% bangunan rumah juga hangus terbakar.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, hanya saja kerugian materiel ditaksir mencapai Rp10 juta,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif