Jatim
Minggu, 5 November 2017 - 03:05 WIB

Rp2,4 Miliar untuk Pasang PJU di 392 Titik Kota Madiun

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Merawat PJU (JIBI/Solopos/Dok)

Anggaran Madiun, pemkot menggelontorkan dana pemasangan PJU.

Madiunpos.com, MADIUN — Anggaran dana sebesar Rp2,4 miliar digelontorkan Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun guna pelaksanaan proyek pemasangan penerangan jalan umum (PJU) tahun 2017 di Kota Madiun.

Advertisement

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Madiun Soeko Dwi Handiarto mengatakan anggaran proyek tersebut bersumber dari APBD Kota Madiun tahun 2017 dan sudah termasuk penambahan di APBD perubahan.

“Pemasangan PJU ini merupakan salah satu program prioritas. Makanya akan terus digenjot,” ujar Soeko kepada wartawan di Madiun, Jumat (3/11/2017).

Dia menambahkan dana sebesar itu akan digunakan untuk pemasangan PJU di 392 titik. Anggaran satu titik PJU mencapai 5 juta mulai dari tiang dan lampunya.

Advertisement

“Total ada 392 titik baru di tahun ini. Pemasangan sudah jalan 75 persen. Setiap tahunnya pasti bertambah,” kata Soeko Dwi Handiarto.

Lampu yang digunakan sudah hemat energi atau LED. Lampu tersebut dinilai lebih efisien, lebih terang, meski harganya lebih mahal dibandingkan lampu mercury.

“Ke depan PJU di Kota Madiun akan menggunakan lampu hemat energi. Sebab, meski mengupayakan penerangan jalan, kami juga harus tetap menekan biaya untuk listrik,” katanya.

Advertisement

Sedangkan untuk titik pemasangan tersebar di seluruh Kota Madiun. Namun, pihaknya sengaja mengutamakan titik vital seperti di jalur padat lalu lintas, tikungan, hingga jalur rawan kecelakaan.

Pihaknya menambahkan, PJU memberikan banyak manfaat kepada masyarakat. Selain terang, PJU juga memberikan kenyamanan saat berkendara.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif