Suasana pembagian kue putu untuk menyambut pernikahan Kahiyang-Bobby di CFD Slamet Riyadi Solo, Minggu (5/11/2017). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos) Suasana pembagian kue putu untuk menyambut pernikahan Kahiyang-Bobby di CFD Slamet Riyadi Solo, Minggu (5/11/2017). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)
Minggu, 5 November 2017 12:35 WIB Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos Solo Share :

PERNIKAHAN PUTRI JOKOWI
Pengusaha Batik Ini Punya Cara Unik Sambut Mantenan Kahiyang Ayu

Perintis usaha batik Danar Hadi membagi-bagikan kue putu ke pengunjung CFD untuk sambut pernikahan Kahiyang Ayu.

Solopos.com, SOLO — Perintis busana batik merek Danar Hadi, Danarsih Santosa, menyapa pengunjung car free day (CFD) Jl. Slamet Riyadi, Minggu (5/11/2017) pagi.

Perempuan kelahiran 1946 tersebut kali ini menyapa warga Solo dan sekitarnya di area bebas kendaraan bermotor Jl. Slamet Riyadi dengan membagi-bagikan kue putu. Dia dengan cekatan mengemas kue putu yang dibikin tiga orang atau pedagang sekaligus untuk diberikan kepada para pengunjung CFD yang menepi ke depan BTN Slamet Riyadi. (Baca: Begini Persiapan Kelompok Musik Pengiring Resepsi Pernikahan Kahiyang-Bobby)

Danarsih dibantu rekan-rekannya membagikan kue putu isi gula merah kepada pengunjung CFD untuk menyambut gembira atau mangayubagyo pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu, Rabu (8/11/2017) mendatang. Dia menjelaskan alasan dirinya bersama dengan Presiden Republik Aeng Aeng, Mayor Haristanto, memilih membagikan kue putu kepada para pengunjung CFD, yakni dengan harapan agar Presiden Jokowi segera mendapat “putu” atau cucu baru dari Kahiyang Ayu yang akan menikah.

“Kalau bagi dawet kan sudah biasa ya dalam tradisi menyambut pernikahan. Dawet kan supaya kemruwet, tamunya banyak. Saya dengan Pak Mayor berpikir kenapa tidak dibagikan kue putu. Harapannya supaya Pak Presiden Jokowi cepat dapat putu dari putrinya yang dalam waktu dekat akan menikah,” kata Danarsih ssat diwawancarai Solopos.com di sela-sela membagikan putu kepada para pengunjung CFD Jl. Slamet Riyadi, Minggu. (Baca: Begini Pembagian Waktu untuk Tamu VIP dan Umum di Resepsi Kahiyang Ayu)

Danarsih menyampaikan sebagai warga Solo dirinya ikut antusias menyambut hajatan pernikahan putri Presiden yang bakal digelar di Kota Bengawan. Dia menyampaikan kegiatan bagi-bagi kue putu tersebut sebagai wujud keinginan warga memeriahkan acara pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution.

Danarsih mengajak masyarakat Solo khususnya senantiasa ikut mendoakan kelancaran acara pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution. “Kegiatan ini sebagai kemeriahan saja. Kami ikut senang Pak Jokowi mantu di Solo. Sudah sepantasnya orang Solo ikut meramaikan. Harapannya Pak Jokowi bisa dapat cucu yang saleh atau salehah. Ini kue putu kan juga jarang ditemui sekarang. Kami nguri-nguri juga makanan tradisional,” terang Danarsih.

Sementara itu, Danarsih membenarkan ada beberapa kain batik produksi Danar Hadi yang dipesan keluarga Presiden untuk acara pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution. “Batik orang Solo diagem. Kalau mantu biasanya pakai motif pakem, seperti sudokmukti atau truntum. Untuk putra-putranya Bapak Presiden, ada satriyo wibowo. Mungkin sidomukti ya yang dipakai Kahiyang, pengantin putra juga sama,” ujar Danarsih. (Baca: Yuk Intip Selop Keluarga Presiden untuk Pernikahan Kahiyang-Bobby)

Presiden Republik Aeng Aeng yang ikut menggawangi kegiatan, Mayor Haristanto, mengatakan sedikitnya ada 1.000 kue putu yang dibagikan kepada pengunjung CFD Jl. Slamet Riyadi dalam kegiatan mangayubagyo pernikahan putri Presiden Jokowi. Kue putu dibagikan kepada siapa saja warga yang bersedia mengantre.

Kue putu disajikan dalam kondisi panas. Masing-masing warga mendapat jatah dua kue putu yang disajikan dalam lambar kertas. Dia menjelaskan maksud pembagian kue putu yakni untuk mendoakan agar Presiden Jokowi segeta mendapat cucu baru.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, di sekitar lokasi pembagian kue putu dipasang spanduk berasar yang menampilkan foto Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Spanduk tersebut kerap dimanfaatkan para pengunjung CFD sebagai latar belakang foto selfie.

lowongan pekerjaan
Toko Cat Warna Abadi (WAWAWA), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Televisi Kita Bersengkarut

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (31/10/2017). Esai ini karya Abraham Zakky Zulhazmi, pengajar di Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah abrahamzakky@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Program Rumah Uya sukses menyabet predikat talkshow terfavorit dalam…