Bek Persis Solo, Asyraq Ghufron (tengah), menyambut rekannya, Rudiyana, yang baru saja mencetak gol saat laga tunda melawan PSIR Rembang di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Senin (4/9/2017). (JIBI/Solopos/Chrisna Chanis Cara)
Minggu, 5 November 2017 19:25 WIB Chrisna Chanis Cara/JIBI/Solopos Indonesia Share :

LIGA 2
Jelang Laga Perdana 8 Besar, Persis Solo Dibayangi Krisis Lini Belakang

Liga 2 memasuki babak 8 besar.

Solopos.com, KARANGANYAR – Persis Solo masih dibayangi krisis di lini pertahanan menyusul belum kunjung fitnya Akbar Riansyah dan Ikhwan Ciptady. Ikhwan bahkan diragukan tampil di laga perdana babak delapan besar Liga 2 melawan Martapura FC, Kamis (9/11/2017) karena mengalami nyeri di bagian tumit.

Pelatih fisik Persis, Budi Kurnia, mengakui kondisi Akbar dan Ikhwan belum sepenuhnya prima pascacedera. Ikhwan sudah terkapar seusai laga melawan PSS Sleman, 10 Oktober 2017. Dia kini mendapat perawatan intensif Sport Therapy Persis, Aldy Rachman Hakim. Adapun Akbar menderita cedera hamstring saat latihan sepekan lalu.

Meski keduanya sudah tampak bergabung bersama tim saat latihan, Budi mengatakan mereka masih perlu pengawasan khusus. “Terutama Ikhwan. Sakit di tumitnya masih sering kambuh,” ujar Budi saat berbincang dengan Solopos.com seusai latihan di Lapangan Gedongan, Colomadu, Sabtu (4/11/2017).

Budi mengaku belum bisa memastikan apakah Ikhwan bakal fit tepat waktu jelang laga melawan Martapura FC. Dia masih perlu memantau bek asal Jakarta ini hingga H-2 laga atau Selasa (7/11/2017) untuk memastikan kondisi fisiknya. Di sisi lain, Budi optimistis Akbar mampu pulih jelang partai perdana delapan besar.

Sepekan terakhir Pelatih sementara Persis, Freddy Muli, menggembleng pemain muda Ade Fanny sebagai alternatif jika Akbar berhalangan tampil. “Akbar insyaallah oke. Untuk Ikhwan, kami masih menunggu perkembangannya,” tutur eks pelatih fisik Persiba Balikpapan itu.

Freddy Muli sendiri enggan menebak-nebak apakah Ikhwan bakal sembuh tepat waktu. Dia hanya berharap pemainnya itu menunjukkan progress positif dalam pemulihan cedera. Kabar cedera Ikhwan memang membikin ketar-ketir Persis lantaran dua bek sentral lain, Asyraq Ghufron dan Hendri Aprilianto dipastikan absen karena sanksi.

Untuk mengantisipasi minimnya stok bek, pelatih yang akrab disapa Opa ini sudah beberapa kali menduetkan Soni Setiawan dan Anam Syahrul di jantung pertahanan dalam beberapa laga uji coba. Soni sejatinya adalah bek kiri. “Saya pikir tidak masalah karena Soni juga pernah berperan sebagai bek sentral,” ujar pelatih asal Palopo tersebut.

lowongan pekerjaan
Toko Cat Warna Abadi (WAWAWA), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Televisi Kita Bersengkarut

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (31/10/2017). Esai ini karya Abraham Zakky Zulhazmi, pengajar di Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah abrahamzakky@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Program Rumah Uya sukses menyabet predikat talkshow terfavorit dalam…