Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu (Instagram @ayanggkahiyang) Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu (Instagram @ayanggkahiyang)
Minggu, 5 November 2017 19:35 WIB Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/Solopos Peristiwa Share :

JOKOWI MANTU
Ini 8 Perbedaan Pernikahan Gibran-Selvi dan Kahiyang-Bobby

Ada beberapa perbedaan dalam pernikahan Kahiyang Ayu dibanding dengan pernikahan kakaknya, Gibran.

Solopos.com, SOLO — Joko Widodo (Jokowi) untuk kali kedua akan menggelar hajatan pernikahan anaknya selama menjabat sebagai Presiden RI. Pada Rabu (8/11/2017), Jokowi akan mantu anak keduanya, Kahiyang Ayu, yang akan menikah dengan Muhammad Bobby Afif Nasution.

Meski sama-sama dilaksanakan di Solo dan di gedung yang sama yakni Graha Saba Buana, ada sejumlah perbedaan antara acara pernikahan Kahiyang Ayu dan pernikahan kakaknya, Gibran Rakabuming Raka, dengan Selvi Ananda pada 2015 lalu. (Baca: Yuk Intip Selop Keluarga Presiden untuk Pernikahan Kahiyang-Bobby)

Berikut beberapa perbedaan dalam pernikahan Kahiyang-Bobby dengan Gibran-Selvi:

Jumlah Tamu

Jumlah tamu yang menghadiri pernikahan Gibran-Selvi sekitar 5.000 orang sedangkan pernikahan Kahiyang-Bobby diperkirakan dihadiri 8.000 orang.

Saksi Akad Nikah

Akad nikah Gibran-Selvi disaksikan Ketua RT/RW setempat termasuk Ahyani yang saat itu menjabat Kepala Bappeda Solo. Sedangkan pada pernikahan Kahiyang-Bobby, Jokowi menunjuk Wapres Jusuf Kalla dan Menko Perekonomian Darmin Nasution sebagai saksi akad nikah. (Baca: Diminta Jadi Saksi Pernikahan Putri Jokowi, JK Merasa Terhormat)

Prosesi yang Dijalani Keluarga Jokowi

Saat pernikahan Gibran-Selvi, Jokowi yang ngunduh mantu hanya menggelar prosesi siraman dan prosesi lainnya digelar keluarga Selvi. Sedangkan pada pernikahan Kahiyang-Bobby, karena statusnya Jokowi mantu, keluarga Jokowi menjalani prosesi jangkep mulai wilujengan, siraman, midodareni, ijab kabul, hingga resepsi.

Pemandu Acara

Pada pernikahan Gibran-Selvi, pemandu acara atau master of ceremony (MC) ada empat orang yakni Tauvik M. Widodo, Sari Nugraha, H. Slamet Aby, dan Umiyatsih. Sedangkan di pernikahan Kahiyang-Bobby, MC ada lima orang, yakni empat MC yang sama dengan pernikahan Gibran-Selvi ditambah satu MC bernama Widarsi Suranto. (Baca: 5 MC Senior Ini akan Memandu Acara Resepsi Kahiyang-Bobby)

Pembagian Tamu Resepsi

Pada pernikahan Gibran-Selvi, tamu dari kalangan umum mendapat jatah siang hari sementara malam hari untuk tamu VVIP. Sedangkan pada pernikahan Kahiyang-Bobby dibalik yakni tamu VVIP mendapat jatah siang hari dan tamu dari kalangan umum malam hari.

Pengamanan

Pengamanan acara pernikahan Gibran-Selvi melibatkan 3.600 personel gabungan TNI/Polri. Sedangkan pada pernikahan Kahiyang-Bobby melibatkan 5.453 personel gabungan TNI/Polri, Dishub, Dinkes, dan lainnya.

Lokasi Resepsi

Resepsi pernikahan Gibran-Selvi hanya di satu lokasi yaitu Kota Solo, sedangkan resepsi pernikahan Kahiyang-Bobby digelar di dua tempat yakni di Solo pada 8 November dan Medan pada 24-26 November.

Tradisi pingitan

Istri Gibran, Selvi, dipingit di sebuah hotel sebelum lamaran. Sedangkan Kahiyang tidak menjalankan tradisi pingitan sebelum pernikahan dengan Bobby.

lowongan pekerjaan
PT.BPR DANA UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Televisi Kita Bersengkarut

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (31/10/2017). Esai ini karya Abraham Zakky Zulhazmi, pengajar di Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah abrahamzakky@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Program Rumah Uya sukses menyabet predikat talkshow terfavorit dalam…