Ilustrasi toilet portabel (JIBI/Solopos/Dok.) Ilustrasi toilet portabel (JIBI/Solopos/Dok.)
Minggu, 5 November 2017 21:00 WIB Muhammad Ismail/JIBI/Solopos Peristiwa Share :

JOKOWI MANTU
3 Kantong Parkir Dilengkapi Toilet Portable untuk Tamu

Kantong-kantong parkir akan dilengkapi toilet portable selama Presiden Jokowi mantu.

Solopos.com, SOLO — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Solo akan memasang toilet portable di tiga lokasi kantong parkir selama acara pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (9/11/2017). Ketiga lokasi kantong parkir tersebut yakni Lapangan Sumber, Lapangan Banyuanyar, dan kompleks Stadion Manahan, Banjarsari.

Kepala DLH Solo Hasta Gunawan, mengatakan toilet portable akan dipasang di tiga lokasi kantong parkir kendaraan tamu acara pernikahan Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution. Jumlah total toilet portable yang dipasang DLH Solo sebanyak enam buah. Masing-masing lokasi kantong parkir dilengkapi dua toilet.

“Kami sudah berkoordinasi dengan penitia acara Presiden Mantu. DLH diminta untuk menyediakan toilet portable pada saat acara pernikahan nanti,” ujar Hasta saat ditemui wartawan di Stadion Manahan, Minggu (5/11/2017).

Menurut Hasta, jumlah tamu undangan pada acara pernikahan putri Presiden Jokowi sebanyak 8.000 orang. Jumlah tamu undangan tersebut tidak mungkin menggunakan toilet permanen yang ada di dalam Gedung Graha Saba. “Kami memberikan alternatif kepada tamu undangan untuk memanfaatkan toilet portable yang telah disediakan,” kata dia.

Ia menjelaskan setiap toilet portable nantinya akan dijaga satu orang yang bertugas membersihkan toilet. DLH, lanjut dia, untuk menyediakan air bersih di enam toilet portable bekerjasama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar).

“Kami pastikan toilet portable yang disediakan nyaman dan tidak kumuh. DLH rencananya akan memulai memasang toilet portable di kantong parkir pada hari Senin atau Selasa,” kata dia.

Ia mengatakan DLH juga menyiapkan sebanyak 54 personel petugas khusus penyapu sampah di jalan raya yang akan digunakan prosesi pernikahan. Mereka mulai bertugas Selasa-Rabu (7-8/11/2017). Jalan yang dibersihkan mulai dari depan Hotel Alila Jl. Slamet Riyadi, Jl. Ahmad Yani, sampai Jl. Letjen Suprapto.

Kepala Dinas Kebakaran (Damkar) Solo, Gatot Sutanto, mengatakan Damkar siap membantu DLH untuk mencukupi air bersih di toilet portale. Mobil damkar nantinya juga difungsikan untuk menyiram jalan raya saat prosesi acara pernikahan dimulai.

lowongan pekerjaan
Toko Cat Warna Abadi (WAWAWA), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Televisi Kita Bersengkarut

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (31/10/2017). Esai ini karya Abraham Zakky Zulhazmi, pengajar di Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah abrahamzakky@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Program Rumah Uya sukses menyabet predikat talkshow terfavorit dalam…