Bank Syariah Mandiri - Perpuni mengadakan Umroh Travel Fair di atrium Solosquare, Jumat (3/11/2017). (Sunaryo HB/JIBI/Solopos) Ilustrasi Umroh Travel Fair. (Sunaryo HB/JIBI/Solopos)
Sabtu, 4 November 2017 23:00 WIB Asiska Riviyastuti/JIBI/Solopos Ekonomi Share :

Solo Umrah Travel Fair, 1 Hari 1.000 Kursi Terjual

Umrah Travel Fair digelar di Solo.

Solopos.com, SOLO — Hari pertama pelaksanaan Bank Syariah Mandiri Perpuhi Umrah Travel Fair (BSM-PUTF) sekitar 1.000 kursi telah terjual. Hal ini karena tingginya permintaan masyarakat.

Ketua Persaudaraan Pengusaha Travel Umrah dan Haji Indonesia (Perpuhi), Her Suprabu, mengungkapkan penjualan tiket Garuda Indonesia pada Jumat (3/11/2017) sebanyak 500 kursi untuk keberangkatan Maret-April sedangkan penjualan Lion Air dan Saudi Airline masing-masing sekitar 250 kursi sehingga total ada penjualan 1.000 kursi.

Kursi tersebut dijual dengan harga yang lebih murah sekitar Rp300.000-Rp500.000 sehingga paket umrah yang ditawarkan lebih terjangkau. Namun penjualan tersebut hanya untuk biro perjalanan umrah, belum langsung ke konsumen. Meski begitu, Her mengatakan penjualan pun cukup tinggi yang dan di weekend ini dinilai akan lebih banyak.

“Penjualan tiket Garuda Indonesia memang lebih banyak karena masyarakat Solo lebih dulu familiar dan percaya dengan rute umrah yang dioperasikan oleh maskapai full service ini. Selain itu, cukup banyak juga calon jamaah umrah yang sebelumnya sudah pernah berangkat dan ingin berangkat lagi sehingga lebih mementingkan kenyamanan,” ungkap Her saat ditemui wartawan di Atrium Solo Square, Sabtu (4/11/2017).

Umrah Gratis

Promo umrah gratis umrah dinilai akan menarik banyak konsumen. Direktur Dewangga Lil Hajj Wal Umrah Solo ini mengatakan sudah ada 40 calon jamaah yang mendapat voucher undian umrah dengan mendaftar dan membayar minimal Rp5 juta hanya dari satu biro umrah. Dia pun optimistis jumlahnya akan terus bertambah.

Dia mengatakan saat acara pembukaan pada Jumat (3/11/2017) malam juga menandatangi memorandum of understanding (MoU) dengan BSM untuk pembiayaan umrah, tidak hanya bagi biro umrah tapi juga konsumen dan nantinya akan ada paket khusus yang dibentuk bersama.

“Pemerintah Kota Solo juga sangat mendukung kegiatan Perpuhi. Semalam ada pembicaraan kalau bekas Gedung TKI yang ada di Bandara Adi Soemarmo bisa digunakan sebagai terminal khusus untuk umrah untuk membuat jamaah lebih nyaman karena terpisah dengan penumpang komersil lainnya,” kata dia.

Her mengatakan dalam waktu dekat akan bertemu dengan Wali Kota Solo, F. X. Hadi Rudyatmo untuk membahas hal tersebut. Sekaligus juga rencana mengembangkan Solo sebagai kota umrah di Indonesia. Petugas ticketing PT Zam Zam Tour and Travel, Niken Kartika, mengatakan paket yang ditawarkan biro umrah ini adalah Rp20,5 juta sudah termasuk paspor dan suntik meningitis untuk rute Solo-Madinah.

“Sudah cukup banyak pemesanan untuk keberangkatan umrah di bulan ini dan bulan depan. Pada 5 Desember akan memberangkatkan 200 calon jamaah umrah,” kata dia.

lowongan pekerjaan
PT. Astra International Tbk-isuzu, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Visi Pedagogis Daoed Joesoef

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (27/01/2018). Esai ini karya M. Fauzi Sukri, penulis buku Guru dan Berguru (2015) dan Pembaca Serakah (2017). Alamat e-mail penulis adalah fauzi_sukri@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Indonesia, khususnya dunia pendidikan, kehilangan sosok pemikir pedagogis tangguh yang…