ilustrasi penyewaan mobil (JIBI/Solopos/Dok.) Ilustrasi penyewaan mobil (JIBI/Solopos/Dok)
Sabtu, 4 November 2017 09:40 WIB Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

PERNIKAHAN PUTRI PRESIDEN
Perental Mobil Mewah Jogja Panen Rezeki

Rental mobil di Jogja laris manis.

Solopos.com, JOGJA— Pengusaha rental mobil mewah di Jogja ikut panen rezeki dari pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution. Setidaknya, sebanyak lebih dari 80 unit mobil mewah sekelas Alphard dan Vellfire habis tersewa mulai 4-10 November mendatang.

Yuda, pemilik rental mobil Bima Jaya Trans, mengaku sudah resmi menyewakan lima unit Alphard, enam Vellfire, tujuh Fortuner, sembilan Toyota Innova Reborn, dan 10 Grand Innova. Mobil VIP banyak disewa oleh kalangan partai, baik dari Partai Demokrat maupun PDIP.

Ia berani memastikan stok mobil VIP di Jogja habis tersewa selama perhelatan Jokowi Mantu tersebut. Menurut hitungannya, ada sekitar 80-an mobil VIP di Jogja, mulai dari keluaran 2010-2016. “Stoknya habis, kita ambil dari Semarang sama Surabaya,” kata Yuda, Jumat (3/11/2017).

Harga sewa mobil bervariasi. Untuk mobil VIP sekelas Alphard dan Vellfire dibanderol dengan harga Rp2,5-Rp3 juta per hari, Fortuner Rp1,8 juta, Innova Reborn Rp900.000, dan Grand Innova Rp700.000 per hari.

Yuda mengatakan, dibandingkan pernikahan anak pertama Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda pada 2015 lalu, pernikahan Kahiyang dengan Bobby kali ini jauh memberikan rezeki yang lebih besar. “Kemarin [pernikahan Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda] banyak di armada Fortuner ke bawah, kalau  sekarang mobil VIP yang banyak,” kata Yuda.

Perental mobil di Jogja tak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini. Mereka mencari stok mobil mewah dari pada pemilik langsung, bahkan sampai luar daerah, untuk disewakan pada pejabat rekanan Jokowi. Ia mengakui, sebenarnya perental mobil di Jogja tidak memiliki armada VIP. Mereka mendapatkan armada Alphard, Vellfire, dan Mercy dari perorangan yang menitipkan mobilnya ke perental. “Jujur saja, mobil VIP rental tidak ada yang punya. Paling tinggi rental hanya Fortuner,” tuturnya.

Persewaan mobil yang laris juga terjadi di seputaran Mujamuju, Umbulharjo. Berdasarkan pantauan Harianjogja.com, salah satu tempat penyewaan mobil mewah yang sengaja tidak memasang plakat di depan kantornya tersebut sudah menyewakan mobil mewah Alphard dan Vellfire. Karyawan yang ditemui Harianjogja.com mengatakan, saat ini pihak pemilik sedang ke Jakarta. “Koordinasi soal itu [penyewaan mobil] di istana [kepresidenan],” katanya.

Menurut penuturannya, sederet pejabat tinggi sudah memesan mobil sejak jauh-jauh hari. Rentalan mobil tersebut sudah lama menjadi jujugan para pejabat, sejak era Presiden Soeharto.

Lowongan Pekerjaan
FASHION OUTLET, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Televisi Kita Bersengkarut

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (31/10/2017). Esai ini karya Abraham Zakky Zulhazmi, pengajar di Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah abrahamzakky@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Program Rumah Uya sukses menyabet predikat talkshow terfavorit dalam…