Sabtu, 4 November 2017 11:40 WIB Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

PEMILU 2019
Ketahuan! Parpol Sertakan Data Fiktif

KPU temukan sejumlah warga tak ikut partai.

Solopos.com, SLEMAN— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman mendapati sejumlah warga yang mengaku tidak menjadi anggota partai politik (parpol) dalam verifikasi lapangan yang dilakukan. Namun, nama sejumlah warga itu dicantumkan sebagai anggota parpol dalam berkas administrasi pendaftaran parpol peserta Pemilu 2019.

Pengecekan langsung ke lapangan dilakukan pada sejumlah nama yang terdeteksi ganda dalam penelitian administrasi berkas pendaftaran parpol. Dari temuan di lapangan, ada sejumlah warga yang mengaku tidak mengikuti parpol manapun. Bahkan, warga tersebut juga mengaku tidak paham kenapa kartu identitasnya bisa disertakan dalam pendaftaran parpol.

Komisioner KPU Sleman Divisi Hukum, Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Imanda Yulianto mengatakan ada pula warga yang mengakui pernah terdaftar dalam partai tertentu meski kemudian mundur atau berpindah ke partai lainnya.

“Mundurnya itu seperti tidak resmi, mundur begitu saja. Namun saat kami tanyakan, mengaku ikut partai yang sekarang,” katanya, Jumat (3/11/2017). Warga tersebut juga tak lagi mengantongi kartu anggota partai sebelumnya.

Verifikasi lapangan untuk keanggotaan ganda akan selesai pada 9 November mendatang. Adapun pada 10 November mendatang, tambah Imanda, KPU akan melanjutkan proses pengecekan lapangan pada anggota TNI/Polri dan PNS yang namanya terdaftar sebagai anggota parpol.

Sebagaimana dimuat sebelumnya, berdasarkan SIPOL dari KPU RI, di Sleman setidaknya ada 908 keanggotaan ganda. Selain itu ada puluhan yang masuk kategori TNI/POLRI dan PNS.

lowongan pekerjaan
Netra-Group, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Televisi Kita Bersengkarut

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (31/10/2017). Esai ini karya Abraham Zakky Zulhazmi, pengajar di Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah abrahamzakky@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Program Rumah Uya sukses menyabet predikat talkshow terfavorit dalam…