News
Sabtu, 4 November 2017 - 03:00 WIB

Orang Utan Tapanuli Resmi Jadi Spesies Baru

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Orang Utan Tapanuli (Antara)

Orangutan Tapanuli menjadi spesies baru satwa di Indonesia.

Solopos.com, SOLO – Orang utan Tapanulis menjadi spesies satwa baru di Indonesia, Jumat (3/11/2017). Hal ini berdasarkan riset Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, LIPI, IPB, UNAS, dan YEL-SOCP. Melalui akun Twitter, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyatakan kabar baik itu.

Advertisement

“Sobat hijau, kita pnya spesies baru orangutan di Sumatera, yaitu: orangutan tapanuli (Pongo tapanuliensis),” katanya di akun @KementerianLHK.

Sebagaimana dikabarkan Suara.com, Jumat, spesies tersebut tergolong sebagai nenek moyang orang utan Sumatera (Pongo Abeli) dan orangutan Kalimantan (Pongo Pygmaeus). Mereka hanya dapat ditemui di ekosistem Batang Toru di Kabupaten Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, dan Tapanuli Utara.

Mereka dinyatakan sebagai spesies kera besar baru di dunia. Salah satu keunikannya ukuran tengkorak dan tulang rahangnya lebih kecil dibanding orangutan Kalimantan dan orangutan Sumatera.

Advertisement

Meskipun baru diresmikan sebagai spesies satwa Indonesia, tetapi statusnya sudah langka. Lebih langka dari Gorilla Gunung Afrika.

Berdasarkan laporan pada tahun 2016, populasi orang utan Tapanuli saat ini kurang dari 800 ekor. Selain itu, mereka juga cukup lambat dalam berkembang biak.

Dengan rentang usia 50-60 tahun, umumnya mereka melahirkan anak pertamanya di usia 15 tahun dan jarak melahirkan selama 8 sampai 9 tahun.

Advertisement

Sekitar 85 persen penyebarannya saat ini memiliki status hutan lindung dan 15 persen lainnya adalah hutan primer area pegunungan lain.

Antusiasme masyarakat menyambut orang utan Tapanuli menjadi spesies baru disambut antusias warganet Indonesia. Tagar orang utan Tapanuli sempat menjadi trending topic di media Twitter dan menempati urutan ke empat dengan jumlah 1.170 tweet.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif