Ernesto Valverde (JIBI/REUTERS/Vincent West)
Sabtu, 4 November 2017 08:25 WIB Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos Spanyol Share :

LIGA SPANYOL
Barcelona Vs Sevilla: Panggung Nostalgia Valverde

Liga Spanyol akan menyajikan laga Barcelona vs Sevilla.

Solopos.com, BARCELONA — Manajer Barcelona, Ernesto Valverde, memiliki kenangan manis melawan Sevilla ketika masih melakoni karier sebagai pemain.

Saat itu, Valverde yang mengenakan kostum Barcelona menjebol gawang Sevilla di Sanchez Ramon Pizjuan pada jornada ke-35 Liga Spanyol 1988/1989. Gol itu akan selalu tertanam di kepala Valverde sepanjang hidupnya. Karena itu merupakan gol perdananya di pentas Liga Spanyol dalam karier profesionalnya.

Saat dua periode menjadi pemain Barcelona, Valverde bertemu Sevilla 29 laga dan mengoleksi 10 gol.  Valverde  pun akan bernostalgia ketika mendampingi Barcelona menjamu Sevilla di Camp Nou, Barcelona, Minggu (5/11/2017) pukul 02.45 WIB. Pelatih berusia 53 tahun tersebut akan membawa kenangan manis tersebut untuk memotivasi Lionel Messi dkk. pada pertandingan nanti.

Sevilla sebenarnya bukan lawan sembarangan. Tim Andalusia itu bertengger di peringkat kelima klasemen, di bawah Barcelona, Valencia, Real Madrid, dan Atletico Madrid. Namun, rentang poin kedua tim sangat jauh hingga sembilan angka. Barcelona bertengger di puncak klasemen sementara dengan 28 poin, sedangkan Sevilla baru mereguk 19 poin dalam 10 laga.

Barcelona digadang-gadang bakal menang mudah di Camp Nou. Di sisi lain, kandang Barcelona itu tak ubahnya neraka bagi tim asal Andalusia tesebut. Sevilla tak pernah menang dalam 14 kunjungan terbaru mereka ke Camp Nou. Parahnya, dalam rentang waktu tersebut gawang Sevilla menjadi bulan-bulanan Barcelona dengan 38 gol!

Barcelona memang mendapat hasil mengecewakan pada pertandingan terbaru. Luis Suarez dkk. ditahan imbang tanpa gol di kandang Celtic pada Liga Champions, tengah pekan lalu. Namun setidaknya, mereka masih melanjutkan streak tak terkalahkan di semua kompetisi menjadi 15 laga, sebelum menjamu Sevilla.

“Saya suka gaya permainan timku. Kami hanya lemah dalam efesiensi, namun kami sudah tunjukkan spirit yang seharusnya,” jelas Valverde, seperti dilansir Espnfc.com, Jumat (3/11/2017).

Pasukan Valverde tidak boleh lagi mengulang kesalahan dengan membuang-buang peluang ketika menghadapi Sevilla. Messi lagi-lagi akan menjadi tumpuan bersama Suarez di lini depan raksasa Catalan. Barcelona juga bisa berharap kepada Paulinho yang mengoleksi tiga gol untuk Barcelona di Liga Primera musim ini.

Sementara barisan belakang Barcelona harus waspada dengan ancaman Nolito cs. Sayang, pertahanan Barcelona mengalami krisis karena cedera pemain. Sergi Roberto yang kerap mengisi bek kanan menderita cedera otot. Tanpa Roberto, Valverde kemungkinana akan memaksa Nelson Semedo menempati pos tersebut. Selain Roberto, ruang media Barcelona masih dihuni Andre Iniesta, Andre Gomes, Rafinha, dan Ousmane Dembele.

Lowongan Pekerjaan
FASHION OUTLET, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Televisi Kita Bersengkarut

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (31/10/2017). Esai ini karya Abraham Zakky Zulhazmi, pengajar di Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah abrahamzakky@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Program Rumah Uya sukses menyabet predikat talkshow terfavorit dalam…