Sport
Sabtu, 4 November 2017 - 08:30 WIB

LIGA JERMAN : Bisa Hentikan Rekor Heynckes, Dortmund?

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Borussia Dortmund vs FC Bayern Munchen (REUTERS/Wolfgang Rattay)

Liga Jerman akan menyajikan duel Dortmund vs Bayern Munchen.

Solopos.com, DORTMUND — Kembalinya Jupp Heynckes di kursi der trainner Bayern Munchen benar-benar memberi angin segar bagi tim Bavaria tersebut.

Advertisement

Pelatih kharismatik itu menempatkan kembali Bayern ke habitat aslinya di puncak klasemen Bundesliga Jerman setelah terseok-seok di awal musim. Hebatnya, itu diwujudkan hanya tiga laga pertamanya sejak menggantikan posisi Carlo Ancelotti yang dipecat, Akhir September 2017 lalu.

Di sisi lain, Heynckes juga memastikan Thomas Muller dkk. lolos ke babak 16 besar di Liga Champions. Heynckes mencatat enam kali menang dalam enam laga sejak kembali menukangi Bayern di semua kompetisi.

“Kami membuat langkah besar dalam beberapa pekan belakangan ini.  Pekan lalu, saya tidak akan percaya jika Anda memberitahuku  tentang posisi kami sekarang. Namun kami harus tetap membumi,” jelas winger Bayern, Arjen Robben, seperti dilansir Afp.com, Jumat (3/11/2017).

Advertisement

Tapi tantangan Heynckes baru saja dimulai. Pelatih berusia 72 tahun tersebut akan menghadapi ujian terberat sejak menggantikan posisi Ancelotti tatkala timnya melawat ke markas Borussia Dortmund pada spieltag ke-11 Liga Jerman di Signal Iduna Park,  Minggu (5/11/2017) pukul 00.30 WIB.

Ini akan menjadi der klassiker pertamanya sejak mendampingi Bayern pada final Liga Champions 2012/2013 di Stadion Wembley. Saat itu, Die Roten, julukan Bayern, dibawanya menang dengan skor 2-1. Itu menjadi trofi Liga Champions pertama Heynckes untuk Bayern, sekaligus Si Kuping Lebar kedua dalam karier manajerialnya yang dimulai sejak 1979.

Jika ditotal, rapor Heynckes dalam duel der klassiker tidak menggembirakan. Ia hanya mengantongi 29,4% kemenangan dari 17 pertandingan selama dua periode sebelumnya menukangi Bayern. Meski demikian, Heynckes tidak perlu khawatir. Sebab, ia mengantongi rekor tak pernah menelan kekalahan dalam 28 pertandingan terakhirnya di Bundesliga.

Advertisement

Agaknya susah bagi Dortmund untuk menghentikan rekor tak terkalahkan secara beruntun pelatih berjuluk The Godfather itu. Apalagi, performa Die Borussen, julukan Dortmund,  sedang kurang oke. Kembalinya Die Roten ke singgasana Bundesliga untuk kali pertama musim ini juga tak lepas dari keterpurukan Dortmund.

Die Borussen yang meroket dalam 7 laga pembuka mereka di Bundesliga mendadak loyo dengan menelan dua kekalahan dan sekali imbang dalam tiga pertandingan terakhir di liga domestik. Dortmund harus rela menyaksikan posisi mereka di puncak dikudeta musuh  bebuyutan.  Die Borussen yang sempat unggul lima poin di puncak, kini berbalik tertinggal tiga poin di posisi runner-up di bawah Bayern.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif