Ilustrasi Bahasa Indonesia (Wikipedia) Ilustrasi Bahasa Indonesia (Wikipedia)
Sabtu, 4 November 2017 06:00 WIB JIBI/Solopos/Newswire Internasional Share :

Keren! Di Finlandia Ada Kelas Khusus Bahasa Indonesia

Ada kelas khusus Bahasa Indonesia di Finlandia.

Solopos.com, LONDON—Universitas Turku, salah satu universitas ternama di Finlandia, menggelar satu kelas khusus yang mengajarkan bahasa Indonesia.

Pelajaran bahasa Indonesia makin diminati di Finlandia. Sebanyak 16 orang yang terdiri atas mahasiswa dan staf universitas mengikuti kelas bahasa Indonesia.

Peserta program memiliki latar belakang pendidikan berbeda. Ada dosen, peneliti, staf internasional, dan konsultan lingkungan hidup yang antusias mengikuti kelas bahasa Indonesia. Demikian disampaikan Pensosbud KBRI Finlandia Rizki Kusumastuti kepada Antara London, Selasa (31/10/2017).

Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK) Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan KBRI Finlandia dan University of Turku (UTU) membuka kelas Bahasa Indonesia for Beginners. Program yang baru kali pertama dilaksanakan di UTU ini berlangsung September-Desember.

Rizki mengatakan berbagai upaya ditempuh Indonesia untuk menjalin kerja sama antarnegara secara bilateral maupun multilateral. Salah satunya melalui diplomasi kebahasaan dalam bentuk kerja sama pengajaran Bahasa dan budaya Indonesia.

Pengajaran bahasa dan budaya Indonesia melalui program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) menjadi jembatan strategis untuk memperkenalkan bahasa dan budaya Indonesia. Terlebih saat ini keinginan untuk mengenal bahasa dan budaya Indonesia juga banyak datang dari beberapa negara di dunia.

Dalam rangka mewujudkan diplomasi kebahasaan, PPSDK Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjalankan program pengiriman tenaga pengajar BIPA ke beberapa negara di dunia. Salah satunya Finlandia.

Tujuan utama mereka bergabung di kelas Bahasa Indonesia for Beginners adalah untuk mempelajari bahasa dan budaya Indonesia. Minat yang tinggi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia juga tampak dari antusiasme mereka saat di kelas. Materi yang diberikan terkait dengan bahasa antara lain kalimat dasar sederhana untuk bertanya dan menjawab pertanyaan, memperkenalkan diri sendiri dan orang lain, serta berkomunikasi dengan sederhana untuk menanyakan arah dan lokasi.

Sedangkan materi budaya di antaranya memainkan alat musik tradisional, tari tradisonal, dan musik Indonesia. Salah satu peserta program, Eve Mikonen, menuturkan program ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa maupun staf universitas.

Melalui program ini mereka memperoleh kesempatan untuk mempelajari bahasa dan budaya Asia lainnya, selain Tiongkok dan Jepang secara mudah. Bahasa Indonesia, menurutnya, merupakan bahasa yang penting untuk dipelajari karena jumlah penutur di atas 200 juta orang.
Program ini juga sangat penting bagi kedua belah pihak terkait hubungan kerja sama dalam bidang pendidikan seperti join research dilaksanakan oleh Universitas Turku.

Lowongan Pekerjaan
CV SINDUNATA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Era Tahun 1930-an

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Jumat (27/10/2017). Esai ini karya Nurudin, dosen Ilmu Komunikasi di Universitas Muhammadiyah Malang dan penulis buku Pengantar Komunikasi Massa. Alamat e-mail penulis adalah nurudin@umm.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini saya sedikit risau dengan hiruk pikuk pembicaraan di…