Calon haji menghadiri manasik haji perdana Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Mandiri Solo, di Kompleks Mandiri Center, Sumber, Solo, Sabtu (4/11/2017). (Istimewa) Calon haji menghadiri manasik haji perdana Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Mandiri Solo, di Kompleks Mandiri Center, Sumber, Solo, Sabtu (4/11/2017). (Istimewa)
Sabtu, 4 November 2017 17:15 WIB Mulyanto Utomo/JIBI/Solopos Solo Share :

HAJI 2018
142 Calhaj Solo Ikuti Manasik Perdana

Haji 2018, para calhaj asal Solo mengikuti manasik.

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 142 jemaah calon haji (calhaj) yang akan diberangkatkan Juli 2018 mendatang, menghadiri manasik haji perdana di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Mandiri Solo, di Kompleks Mandiri Center, Sumber, Solo, Sabtu (4/11/2017).

“KBIH Mandiri dengan tulus ikhlas, senang hati, dan tangan terbuka menyambut baik calhaj dari Solo untuk bergabung bersama kami guna menuntut ilmu manasik haji,” papar Ketua Yayasan KBIH Mandiri Joko Riyanto saat memberi sambutan kegiatan itu.

Sementara Kasi Haji Kemenag Solo Rosyid Ali Safitri yang ikut memberi sambutan pada acara itu menyampaikan kegiatan manasik haji itu penting bagi calhaj sebagai bekal ilmu untuk melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci nanti.

“Ibadah haji yang merupakan rukun Islam kelima ini ada tata caranya, ada prosesi yang harus dipelajari. Oleh karena itu keberadaan kelompok bimbingan haji seperti ini sangatlah penting, dan saya berharap bapak-ibu calhaj mengikuti dengan cermat setiap ilmu yang akan diberikan oleh para ustadz di KBIH Mandiri ini,” tambahnya.

Dalam kegiatan itu juga diisi tausiyah motivasional oleh ustaz KH. Anwar Jufri Lc, dari Sekolah Umroh, Bawen, Semarang. Dia mengatakan ibadah haji adalah ibadah yang menyenangkan, jadi para calhaj tidak perlu khawatir bagaimana nanti di Tanah Suci.

“Bapak-ibu ini adalah undangan Allah, tamu Allah. Tuan rumahnya Allah… jadi tidak perlu khawatir, bahkan di sana itu hanya ada senang, senang banget, dan sangat senang…”

Ketua Bimbingan Haji KBIH Mandiri Bambang Nugroho Putro menjelaskan kegiatan manasik haji yang akan dilaksanakan hingga tuntas, sekitar 23 pertemuan tidak dipungut biaya. Karenanya dia mengajak calhaj tahun pemberangkatan 2018 untuk bergabung dengan KBIH Mandiri.

Lowongan Pekerjaan
CV SINDUNATA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Televisi Kita Bersengkarut

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (31/10/2017). Esai ini karya Abraham Zakky Zulhazmi, pengajar di Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah abrahamzakky@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Program Rumah Uya sukses menyabet predikat talkshow terfavorit dalam…