Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun saat melihat lomba kreasi merangkai buah dengan peserta seluruh Puskesmas di Sleman usai pendeklarasian dan kampanye Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat dilapangan Pemkab Jumat (3/11/2017). (Abdul Hamid Razak/JIBI/Harian Jogja) Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun saat melihat lomba kreasi merangkai buah dengan peserta seluruh Puskesmas di Sleman usai pendeklarasian dan kampanye Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat dilapangan Pemkab Jumat (3/11/2017). (Abdul Hamid Razak/JIBI/Harian Jogja)
Sabtu, 4 November 2017 12:20 WIB Abdul Hamid Razak/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

Gerakan Hidup Sehat, Ini 6 Kegiatan yang Dilakukan

Peningkatan kualitas hidup sehat terus diupayakan Pemerintah Kabupaten Sleman

Solopos.com, SLEMAN- Peningkatan kualitas hidup sehat terus diupayakan Pemerintah Kabupaten Sleman. Salah satu wujudnya dengan pendeklarasian dan kampanye Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat dilapangan Pemkab Jumat (3/11/2017).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman Nurulhayah mengatakan,  gerakan masyarakat hidup sehat difokuskan dengan enam kegiatan. Mulai peningkatan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, peningkatan untuk perilaku hidup sehat, penyediaan bahan pangan dan percepatan perbaikan gizi.

Selain itu, upaya peningkatan pencegahan deteksi dini  terhadap penyakit, peningkatan lingkungan sehat, dan peningkatan edukasi hidup sehat.

“Deklarasi dan Kampanye Germas ini untuk menunjang instruksi presiden terkait dengan germas di mana ada kegiatan-kegiatan promosi dan prevensi atau peningkatan dan pencegahan,” ungkap Nurulhayah.

Sementara itu Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, kegiatan Germas ini untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab setiap individu bahwa sehat dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan masyarakat. “Pelaksanaan Germas menurutnya harus dimulai dari diri sendiri dan keluarga, ” katanya.

Dia menjelaskan,  keluarga merupakan bagian terkecil dari masyarakat yang mampu membentuk kepribadian. Sehingga keluarga yang sehat akan dengan mudah menciptakan masyarakat dan bangsa yang sehat dan kuat. “Bila keluarga sehat, lingkungan sehat, wilayah sehat, maka bangsa ini juga akan sehat,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, Sri Muslimatun membacakan deklarasi Germas yang diikuti oleh peserta yang dilanjutkan dengan tanda tangan bersama komitmen Germas. Melalui kegiatan Germas ini, Sri Muslimatun berharap kepada seluruh peserta deklarasi  agar mampu menjadi pelopor serta teladan gerakan hidup sehat baik di keluarga maupun di masyarakat dan mampu meningkatkan motivasi serta kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kesehatan.

”Dengan demikian akan terbangun kemandirian masyarakat yang sadar akan kesehatan sehingga tercipta kabupaten yang sehat, bersih, dan kuat,” tambahnya.

Selain kegiatan deklarasi dan kampanye Germas, dalam acara tersebut juga diadakan senam kebugaran jasmani, makan buah serentak, lomba kreasi merangkai buah dengan peserta seluruh Puskesmas di Sleman, dan kegiatan cek kesehatan pengukuran kebugaran.

lowongan pekerjaan
Netra-Group, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Televisi Kita Bersengkarut

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (31/10/2017). Esai ini karya Abraham Zakky Zulhazmi, pengajar di Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah abrahamzakky@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Program Rumah Uya sukses menyabet predikat talkshow terfavorit dalam…