Televisi (foto: nextbamz.com) Televisi (nextbamz.com)
Sabtu, 4 November 2017 07:00 WIB Kolom Share :

GAGASAN
Televisi Kita Bersengkarut

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (31/10/2017). Esai ini karya Abraham Zakky Zulhazmi, pengajar di Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah abrahamzakky@gmail.com.

Solopos.com, SOLO–Program Rumah Uya sukses menyabet predikat talkshow terfavorit dalam acara Panasonic Gobel Awards 2017. Rumah Uya mengalahkan Mata Najwa dan Kicik Andy serta tujuh nomine lain.

Pemirsa televisi yang pernah menonton Rumah Uya mungkin bertanya-tanya: apakah penghargaan itu tidak salah alamat? Kita juga patut bertanya: apakah dunia pertelevisian kita baik-baik saja? Bagaimana bisa acara dengan ”mutu rendah” seperti Rumah Uya berhasil menggondol penghargaan?

Kemenangan Rumah Uya adalah tamparan bagi nalar publik. Dunia pertelevisian kita nyatanya tak pernah sepi dari masalah. Rendahnya mutu acara televisi hanya satu dari sekian banyak persoalan. Televisi kita masih menyimpan berjibun masalah.

Pertama, bengkoknya prinsip keanekaragaman isi dan kepemilikan. Sebagaimana kita saksiskan, televisi kita seakan-akan hanya melayani penonton Jakarta. Beberapa program terasa sangat Jakarta sentris, padahal tentu saja Indonesia tidak hanya Jakarta.

Konten-konten mereka pun nyaris seragam karena menuruti selera pasar. Contoh yang paling kentara, misalnya, ketika program ajang pencarian bakat sedang laris di stasiun televisi A, televisi lain mengikuti. Begitu juga ketika sedang musim serial drama Turki, sinetron religi, talk show, stand up comedy, atau program lainnya.

Selanjutnya adalah: Televisi kita faktanya hanya dimiliki beberapa orang

lowongan pekerjaan
Netra-Group, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Televisi Kita Bersengkarut

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (31/10/2017). Esai ini karya Abraham Zakky Zulhazmi, pengajar di Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah abrahamzakky@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Program Rumah Uya sukses menyabet predikat talkshow terfavorit dalam…