Pencuri ban dihukum panggul ban sambil jalan jongkok (Instagram) Pencuri ban dihukum panggul ban sambil jalan jongkok (Instagram)
Jumat, 3 November 2017 10:10 WIB Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com Peristiwa Share :

Terciduk, Maling Dipaksa Jalan Jongkok Sambil Angkat Ban Mobil

Ketiga maling yang tertangkap diberi hukuman untuk berjalan jongkok sembari membawa ban mobil lengkap dengan peleknya. 

Solopos.com, JAKARTA – Begitu beruntungnya para maling yang tertangkap massa namun tidak dihajar hingga babak belur. Penyataan ini cocok bagi tiga maling yang tertangkap di daerah Rawa Buaya, Jakarta Barat. Ketiga maling yang tertangkap basah akan mengambil ban mobil dihukum berjalan jongkok sambil membawa satu band mobil.

Hukuman unik bagi pencuri itu dilakukan oleh personel Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Barat (Jakbar). Seperti diunggah di akun Instagram @sudinhub_jakbar, Rabu (1/11/2017), tiga orang pencuri tertangkap saat hendak mencuri ban pengandangan milik Sudinhub Jakbar.

Pengandangan adalah Terminal Mobil Barang (TMB) yang merupakan tempat sudinhub menyita mobil-mobil angkutan umum yang dianggap tak layak pakai.

Ketiga maling yang tertangkap diberi hukuman untuk berjalan jongkok sembari membawa ban mobil lengkap dengan peleknya. Saat berjalan, ketiga pencuri diminta mengakui perbuatannya.

“Saya maling ban, saya maling ban, saya maling ban,” ucapketiga pencuri secara bergantian. Prosesi hukuman unik itu menjadi perhatian warga. Tampak dalam video ketiga pencuri dikelilingi warga yang menonton dan merekam momen langka tersebut.

Berdasarkan unggahan @sudinhub_jakbar, setelah ketiga maling itu selesai dihukum membawa ban mobil, mereka akan dibawa ke Polsek Cengkareng untuk diproses secara hukum. Video pencuri dihukum mengangkat ban itu mendapat beragam komentar dari warganet. Ada yang menganggap hukuman itu lucu, tapi ada juga yang berkomentar keras agar pencuri dihajar saja.

“Kalau gini lucu banget, tapi pas inget perbuatan mencurinya jadi bikin resah,” tulis @maharani.ahmad.

“Perlu sambil dicambuk, biar greget,” tulis @hopeeiiy.

“Kalau bisa maling monas, mereka disuruh mikul tu monas, biar mampus,” tulis @fer_nandodo.

“Haha, kalau maling mobil, diminta angkat mobil itu,” tulis @geraldinjordan96.

Lowongan Pekerjaan
CV SINDUNATA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Era Tahun 1930-an

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Jumat (27/10/2017). Esai ini karya Nurudin, dosen Ilmu Komunikasi di Universitas Muhammadiyah Malang dan penulis buku Pengantar Komunikasi Massa. Alamat e-mail penulis adalah nurudin@umm.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini saya sedikit risau dengan hiruk pikuk pembicaraan di…